Home / Sosbud / 1.376 Warga Kota Kupang Idap HIV-AIDS

1.376 Warga Kota Kupang Idap HIV-AIDS

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Sekretaris KPA Kota Kupang, Steven Manafe

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) merilis tahun 2018 tercatat jumlah penderita HIV-AIDS sebanyak 1.376 orang. “Data terakhir hingga hari ini, tercatat penderita HIV-AIDS di Kota Kupang mencapai 1.376 orang,” Kata Sekretaris KPA Kota Kupang, Steven Manafe, Kamis, 8 November 2018.

Dari jumlah tersebut, menurut dia, 960 orang diantaranya terinveksi HIV dan 416 orang positif menderita AIDS, dengan jenis kelamin penderita laki-laki 813 orang dan perempuan 563 orang.

Sedangkan dari data pekerjaan swasta sebanyak 20 persen, ibu rumah tangga 13 persen, PSK 10 persen, PNS 9 persen, mahasiswa 6 persen, TNI/Polri dan buruh 5 persen, pelaut 4 persen. “Trennya masih dari kalangan swasta dan laki-laki masih dominasi sebagai penderita HIV-AIDS di Kota Kupang,” tambah Steven.

Baca Juga :  Gunakan HP saat Berkendara Bisa di Penjara

Dalam rangka meminimalisir penderita HIV-AIDS di Kota Kupang, maka KPA telah merekrut sebanyak 510 Warga Peduli Aids (WPA) yang tersebar di 51 kelurahan sebagai ujung tombak melakukan upaya sosialisasi, pendataan, Pengambilan sample darah (mobile VCT).

Sekaligus melakukan pendampingan bagi penderita baru dan menjadi penjangkau yang mendatangi titik rawan yang terindikasi terjadi seks bebas. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]