Home / Sosbud / 108 TKI asal NTT Dipulangkan dalam Peti Mati

108 TKI asal NTT Dipulangkan dalam Peti Mati

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 108 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) dipulangkan dalam peti jenasah. Jenasah yang dipulangkan rata-rata menderita sakit di Malaysia.

“Hingga hari ini sudah 108 TKI yang dipulangkan dalam peti mati,” kata Kepala BNP3TKI NTT, Siwa, Kamis, 28 November 2019.

Menurut dia, jenasah TKI yang dipulangkan paling banyak dari Malaysia. Dan hanya 1 TKI yang berstatus legal yakni dari Senegal. “Dari jumlah itu, hanya satu yang legal, sisanya ilegal,” tegasnya.

TKI yang dipulangkan dalam keadaan meninggal, lanjut dia, paling banyak berasal dari Ende 24 jenasah, Malaka 15 jenasah, Flotim 12 jenasah,  TTS 9 jenasah, TTU 7 jenasah, Kupang 8 jenasah, SBD 6 jenazah, Belu 5 jenasah, Kota Kupang 6 jenasah.

Baca Juga :  Orang Tua Siswa Mengamuk di SMPN 2 Kupang

Manggarai 3 jenasah, tidak jelas alamat 3 jenasah, Nagekeo 2 jenazah, Sikka 2 jenazah,  Lembata 1 jenasah, Manggarai Timur 1 jenasah, Sumba Barat 1 jenazah, Rote Ndao 1 jenasah dan Sabu Raijua 1 jenasah.

Hari ini, kata dia, ada lagi dua jenasah yang dikirim pulang Etmundus Seran asal Manumuti Brubit RT 01/RW 01 Malaka Tengah dan Melkianus Filli asal Kelurahan Naimata RT 07/ 03 Maulafa, Kota Kupang dengan pesawat GA 438 pukul 12.50 wita.

Dia mengatakan tahun ini pihaknya menangani sebanyak 362 kasus TKI, 108 diantaranya meninggal dunia, sisanya pemulangan dan TKI yang cuti.

“TKI yang cuti rata-rata jadi korban penipuan dari majikan, yang menjanjikan kiriman uang, tapi tidak pernah dikirim,” katanya.

Baca Juga :  Imigran Gelap Akan Jalani Tes Urine

Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi pencegahan pengiriman TKI ilegal melalui himbauan. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]