Home / Pendidikan / 11 Ribu Siswa di Kupang Terima Kartu Indonesia Pintar

11 Ribu Siswa di Kupang Terima Kartu Indonesia Pintar

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilsutrasi

Ilsutrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 11 ribu lebih siswa-siswi sekolah dasar (SD) hingga tingkat menengah atas (SMA) di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis, 26 Mei 2016 mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP).

Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan telah mengalokasikan dana sebesar Rp 18 milyar lebih untuk program nasional yang bersumber dari APBN tahun 2016.

Para siswa penerima kartu Indonesia Pintar itu langsung mencairkan dana tersebut di sejumlah Bank yang bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dengan membawa persyaratan penerima dari sekolah.

Program ini untuk membuat para siswa miskin dan berprastasi di Kota Kupang agar lebih giat belajar.

“Target 11 ribu ini, sebelum 31 Mei 2016 harus selesai dibayarkan. Itu intruksi dari menteri Pendidikan,” katanya.

Baca Juga :  Universitas PGRI Asuransikan Mahasiswanya

Dana yang diberikan bagi siswa tidak dipotong biaya Bank. Jika ditemukan adanya potongan dari dana itu, maka Kepala Sekolah harus bertanggungjawab atas tindakan itu. “Kalau Rp400 ribu, Ya terima Rp400 ribu,” tegasnya.

Para siswa yang menerima beasiswa mengaku terbantu dengan program pemerintah ini, karena banyak siswa tidak mampu yang harus rela tinggalkan sekolah, walau keinginan untuk belajar sangat tinggi.

“Pemerintah tidak lepas tangan untuk kami yang keluarga miskin. Apalagi orfang tua saya tidak mampu,” kata Monika, salah satu anak penerima PIP itu.

Orang tua siswa penerima beasiswa juga berharap program yang ini terus digalakan agar mereka yang tak mampu bisa menyekolahkan anak mereka hingga ke tingkat atas.

Baca Juga :  Pengunjung Bertambah, Minat Baca Warga Meningkat

“Program Indonesia pintar sangat dirindukan masyarakat. Khususnya keluarga yang tidak mampu. Sangat membantu sekali,” ujarnya. (Ven)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]