Home / Kesehatan / 13 Rumah Sakit Layani Pemeriksaan HIV-AIDS di NTT

13 Rumah Sakit Layani Pemeriksaan HIV-AIDS di NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

aids-ribbon_0NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 13 rumah sakit di Nusa Tenggara Timur (NTT) telah melayani pemeriksaan HIV-AIDS melalui pelayanan VCT (Voluntary Counselling and Testing). Namun penyebaran HIV-AIDS di daerah itu telah mencakup hingga desa dan kelurahan.

“Ada 13 rumah sakit yang melayani pemeriksaan HIV-AIDS melalui VCT,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Provinsi NTT, Husein Pancratius, Jumat, 29 November 2013.

Menurut dia, jumlah kasus HIV- Aids di NTT yang terdata hingga saat ini sebanyak 2.445 kasus,terdiri dari HIV sebanyak 1.053 kasus dan Aids 1.392 kasus. “Dari total jumlah itu sebanyak 493 kasus dinyatakan meninggal dunia,” katanya.

Jumlah ini, katanya, sebenarnya lebih banyak dari data yang dihimpun, karena banyak orang yang terkategori rentan HIV- Aids tidak memeriksakan diri di Klinik VCT atau rumah sakit atau puskesmas yang melayani pemeriksaan HIV-Aids.

Baca Juga :  Tiap Tahun Penduduk NTT Bertambah 88 Ribu Jiwa

Berdasarkan data yang dihimpun, lanjutnya, kasus HIV-Aids sudah tersebar di seluruh kabupaten/kota hingga wilayah pedesaan yang minim sarana dan prasarana kesehatan. “Pola penularan HIV tidak hanya melalui hubungan seksual, namun melalui penggunaan narkoba suntikan,” katanya.

Dia mengatakan, permasalahan yang dihadapi dalam penanggulangan HIV- Aids, tambahnya, banyak temuan kasus sudah pada fase Aids mengindikasikan lemahnya deteksi dini. “Kurangnya koordinasi dari pihak- pihak terkait untuk mengurangi resiko HIV-Aids ini,” katanya.

Sementara itu, anggota DPRD NTT Servas Lawang meminta KPAP untuk memperbanyak layanan VCT hingga ke tingkat puskesmas, karena HIV-Aids merupakan masalah kemanusiaan yang harus mendapat perhatian serius. ” Kami berharap suatu saat penyakit HIV-Aids ini bisa diobati,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]