Home / Sosbud / 151 Ribu Warga NTT Buta Aksara

151 Ribu Warga NTT Buta Aksara

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Karnaval hari aksara internasional

NTTTERKINI.COM, Waikabubak – Berdasarkan data yang dihimpun Badan Pusat Statistik bersama Pusat Data Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Tahun 2017 diketahui jumlah penduduk buta aksara di Nusa Tenggara Timur (NTT) masih sebesar 5,15 persen atau sebanyak 151.546 jiwa.

“Angka ini menurun signifikan jika dibandingkan data tahun 2015 yang mencapai 7,27 persen penduduk,” kata Asisten Administrasi Umum, Stefanus Ratoe Oedjoe saat membacakan sambutan Gubernur NTT dalam acara pembukaan peringatan Hari Aksara Internasioal (HAI) ke-53 bertempat di Lapangan Manda Elu Waikabubak, Sumba Barat, Rabu, 10 Oktober 2018.

Dalam acara yang dilaksanakan dua tahun sekali itu, Gubernur mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk menggunakan data capaian tersebut, sebagai acuan dalam menyusun perencanaan dan penganggaran.

Baca Juga :  1.280 Siswa di NTT Tidak Lulus UN

“Untuk membebaskan NTT dari buta aksara, penting dalam memerangi kemiskinan dan keterbelakangan daerah,” katanya.

Untuk menyukseskan Program Indonesia Membaca, Pemerintah Provinsi NTT juga telah mencanangkan Gerakan Literasi pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2016 lalu.

“Gerakan Literasi ini tidak hanya dimaknai sebagai sebuah ajakan untuk membaca dan menulis. Lebih dari itu, gerakan ini diharapkan dapat mengembangkan ketrampilan vokasional, sesuai konteks lokal untuk meningkatkan kualitas hidup bersama,” tambah Ratoe Oedjoe.

Perayaan HAI tahun ini diawali dengan karnaval budaya yang melibatkan perwakilan dari 17 kabupaten/kota di NTT.

Mengusung tema Mengembangkan Ketrampilan Literasi yang Berbudaya, turut diselenggarakan 18 perlombaan yang berpusat di bekas Kantor Bupati Sumba Barat. Hasilnya akan diumumkan panitia saat penutupan acara pada Sabtu, 13 Oktober 2018. (Ado/Hms)

Share Button
Baca Juga :  Polisi dan Banser Amankan Natal di Kupang

Komentar ANDA?

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]