Home / Sosbud / 19 Ribu e-KTP di Kota Kupang Belum Tercetak

19 Ribu e-KTP di Kota Kupang Belum Tercetak

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
RDP Komisi I DPRD Kota Kupang

RDP Komisi I DPRD Kota Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) David Mangngi mengaku masih sebanyak 19.922 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang hingga saat ini belum tercetak, walaupun telah dilakukan perekaman.

“Masih tersisa 19.922 yang belum tercetak e-KTP,” kata David saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi I DPRD Kota Kupang, Senin, 18 September 2017, terkait lambannya pengurusan e-KTP.

Berdasarkan data per 31 Agustus 2017 yang sudah melakukan perekaman 227.258 orang, dan yang sudah tercetak sebanyak 207.336 orang. Sedangkan warga Kota Kupang yang wajib miliki e-KTP sebanyak 32.451 orang, namun masih terdapat 95.193 orang belum dapat melakukan perekaman, akibat terkendala server dan kekurangan blanko.

Baca Juga :  PNS NTT Berbondong-bondong Lamar Jadi Kepala Daerah

David mengatakan lambannya pelayanan e-KTP, karena masalah peralatan dan jaringan, diantaranya kebutuhan blanko yang harus diajukan dulu ke provinsi, masalah server, printer percetakan kartu dan jaringan.

“Selama ini persoalan yang terjadi, karena peralatan dan jaringan, untuk menjawab persoalan tersebut perlu kami lengkapi dulu untuk menjawab mempercepat pengurusan e-KTP,” kata David.

Anggota Komisi I Padron Paulus mengatakan RDP ini digelar, karena banyaknya pengeluhan warga terkait lambannya pengurusan e KTP. “Banyak warga yang resah dan keluhkan lambannya pelayanan pembuatan e-KTP dan dokumen kependudukan lainnya,” kata Padron.

Sebelumnya, warga Kota Kupang Rius Umbu Yiwa mengeluhkan lambannya pengurusan e-KTP dengan alasan klasik, seperti masalah server dan kehabisan blanko. Padahal, jika yang urus itu anak atau kenalan pejabat hanya butuh waktu 10-20 menit. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]