Home / Hukrim / 2013, Imigrasi Kupang Amankan 96 Imigran Gelap

2013, Imigrasi Kupang Amankan 96 Imigran Gelap

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Imigran di Rudenim Kupang

Imigran di Rudenim Kupang

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kantor Imigrasi Kelas I Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Januari hingga Mei 2013, telah mengamankan 96 imigran gelap dari beberapa negara, yang hendak ke Australia untuk mencari suaka politik.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Kelas I Kupang, Tatok Hari Sasono mengatakan, para imigran itu ditangkap aparat kepolisian di beberapa daerah di NTT. “Mereka ditangkap, karena ke Australia secara ilegal,” katanya kepada wartawan, Selasa, 14 Mei 2013.

Imigran gelap yang ditangkap itu berasal dari Vietnam 33 orang, Myanmar enam, Bangladesh 10, Sudan 15, Somalia 22, dan terakhir berasal dari India sebanyak 10 orang.

Baca Juga :  Dira Tome: Saya Merasa Dikriminalisasi KPK

“Dari jumlah imigran gelap tersebut sebanyak 63 orang masih ditampung di bekas kantor imigrasi Kupang, karena rudenim penuh,” katanya.

Saat ini, katanya, Rudenim Kupang belum bisa menerima deteni baru yang ditangkap dalam dua bulan terakhir, karena over kapasitas, sementara daya tampung di Rudenim hanya untuk 90 deteni.

“Kami belum bisa pastikan kapan mereka dipindahkan ke Rudenim, karena masih menunggu proses relokasi deteni ke rudenim lainnya,” katanya.

Kepala Rudenim Kupang, Syarifullah mengatakan, pihaknya sejak pekan lalu secara bertahap merelokasi deteni dari Kupang ke Rudenim lain yakni Jakarta, Makassar dan Surabaya.

Relokasi tersebut dilakukan, karena Rudenim Kupang sudah menampung sekitar 250 imigran gelap. Kondisi ini tentunya sangat memprihatinkan, khususnya anak-anak yang ikut berimigrasi dengan orang tuanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]