Home / Sosbud / 2017, Ombudsman NTT Terima 513 Laporan 

2017, Ombudsman NTT Terima 513 Laporan 

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Training sahabat Ombudsman

Training sahabat Ombudsman

NTTTERKINI.COM Kupang – Selama tahun 2017 Ombudsman Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menerima 513 pengaduan dari masyarakat terkait buruknya pelayanan publik di daerah itu.

“400 laporan diantaranya masih dalam proses seleksi. Namun jumlah tersebut hanya 1 persen menunjukkan partisipasi masyarakat,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman NTT, Darius Beda Daton,saat membuka ToT Sahabat Ombudsman, Jumat, 24 November 2017.
Setiap tahun, menurut dia, jumlah laporan yang masuk berada pada angka diatas 500 atau di konversi hanya sebesar 1 persen. Hal itu menunjukkan rendahnya partisipasi masyarakat melaporkan situasi atau keadaan pelayanan yang buruk.
“Partisipasi masyarakat masih tergolong rendah, sehingga perlu membangun jejaring sebagai pengawas layanan publik,” katanya.
Partisipasi masyarakat, kata dia, merupakan salah satu unsur yang dapat mendukung serta menunjang proses terlaksananya fungsi dan tugas Ombudsman sebagai lembaga pengawas publik.
Rendahnya partisispasi warga diduga ada beberapa penyebab diantaranya warga merasa pelayanan tiap instansi atau lembaga yang ada sudah memuaskan, sehingga tidak perlu mengajukan kritikan, atau warga takut melapor, karena akan mendapat kesulitan layanan nantinya.
“Warga tidak tahu harus kemana melapor, jika ada layanan publik yang kurang memuaskan,” ujarnya. (Lid)

Komentar ANDA?

Baca Juga :  PMPB Kampanye Sekolah Aman Bencana

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]