Home / Sosbud / DPRD NTT Minta Rekruitmen Tenaga Guru Harus Transparan

DPRD NTT Minta Rekruitmen Tenaga Guru Harus Transparan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Patrianus Wolo

NTTTERKINI.COM, Kupang – DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) meminta kepada pemerintah untuk transparan dalam merekrut tenaga guru, kesehatan dan penyuluh daerah yang direkrut oleh Organisasi perangkat daerah (OPD).

“Selama ini, perekrutan tenaga guru, kesehatan dan penyuluh kurang sosialisasi, sehingga diketahui setelah proses perekrutan dilakukan oleh OPD,” kata Anggota DPRD NTT, Patrianus L. Wolo, Rabu, 26 September 2018.

Menurut dia, pemerintah miliki anggaran untuk merekrut tenaga guru daerah dan komite. Sama halnya dengan tenaga kesehatan, seperti bidan PTT dan operator, serta penyuluh pertanian, peternakan, dan perikanan.

“Saat ini, jumlah penyuluh masih kurang, dengan rasio 1 berbanding 4, sehingga tidak efisien dalam melakukan penyuluhan,” katanya.

Baca Juga :  Rawan Pangan, Warga Sumba Konsumsi Ubi Iwi

Penyuluh itu, kata dia, sangat penting untuk memberikan edukasi bagi petani, peternak dan nelayan pesisir.

“Pemahaman nelayan untuk rawat biota laut, sehingga bisa tingkatkan nelayan perlu tingkatkan hasil tangkapan,” katanya.
 
Karena itu, dia menekankan agar dinas atau OPD terkait harus transparan, profesional, adil dan objektif dalam merekrut tenaga-tenaga tersebut. “Jangan rekrut, karena faktor kedekatan,” katanya.

Terkait dengan batasan umur perekrutan CPNSD dibawah 35 tahun, jelas dia, masih ada solusi dalam Kepres tentang P3K. Dimana, tenaga honorer akan diakomodir sesuai dengan kebutuhan dan lamanya mengabdi.  Namun, mereka tidak mendapat pensiun.

“Mereka diberlakukan sama dengan PNS, tapi mereka tidak dapat pensiun,” tegasnya. (Ado)

Share Button
Baca Juga :  Upah Jurnalis NTT Belum Sesuai Standar

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]