Home / Ekbis / 271 Desa di NTT Laksanakan PPIP

271 Desa di NTT Laksanakan PPIP

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Andre Koreh ketika berikan keterangan kepada wartawan

Andre Koreh ketika berikan keterangan kepada wartawan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 271 desa di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi desa sasaran pelaksana Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) dengan total dana sebesar Rp 67,7 miliar. Setiap desa akan dikucurkan dana sebesar Rp 250 juta.

“Ada 271 desa di NTT pelaksana program PIP tersebut,” kata
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi NTT, Andre Koreh kepada wartawan di Kupang, Selasa, 14 Mei 2013.

Program ini, menurut dia, merupakan dana bantuan langsung masyarakat (BLM) yang disalurkan pemerintah pusat melalui Direktorat Pengembangan Permukiman Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum.

Dana itu, katanya, akan dikucurkan ke 271 desa tersebut yang dimanfaatkan untuk dana operasional organisasi masyarakat setempat (OMS) sebesar Rp 5 juta, dan Rp245 juta untuk pembangunan infrastruktur. “Program ini baru akan dijalankan pada Agustus 2013 mendatang,” katanya.

Baca Juga :  Dana Bergulir UMKM NTT Capai Rp 27,1 Miliar

Program ini bertujuan untuk mengurangi angka kemiskinan dan memperkuat implementasi tata kelola pemerintahan yang baik, serta menciptakan dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, dengan harapan dapat memecahkan berbagai permasalahan terkait kemiskinan dan ketertinggalan yang ada di desa tersebut.

“Pola pendekatan yang diambil dalam PPIP adalah pemberdayaan masyarakat, keberpihakan kepada orang miskin, otonomi dan desentralisasi, partisipatif, keswadayaan, keterpaduan program pembangunan, dan penguatan kapasitas kelembagaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PU NTT, Frans Panglinan menerangkan, pihaknya belum mengetahui desa mana saja yang akan ditetapkan sebagai sasaran pelaksana PPIP. Selain itu belum mengetahui kegiatan apa yang akan dilaksanakan oleh masyarakat. “271 desa itu tersebar di 20 kabupaten, minus Kota Kupang,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]