Home / Polkam / 28 Januari, KPU Tetapkan DPT Pilgub NTT

28 Januari, KPU Tetapkan DPT Pilgub NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.com, Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) akan menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT periode 2013-2018 pada 28 Januari 2013 mendatang, setelah dilakukan pemutahiran di tingkat desa dan kelurahan.

“Pengesahan, pengumuman dan penetapan DPT di tingkat provinsi dilakukan pada 26- 28 Januari 2013,” kata Anggota KPU NTT Yos Dasi Djawa kepada wartawan, Selasa, 15 Januari 2013.

Setelah DPT disahkan oleh panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan, selanjutnya akan dilakukan rekapan oleh panitia pemungutan kecamatan (PPK). “Sebelum ditetapkan akan dilakukan pemutakhiran data pemilih sementara (DPS) dan data pemilih tambahan (DPTb),” katanya.

Baca Juga :  Sampah Menumpuk, Pemkot Sewa 10 Truk

Jumlah daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilkada) NTT sebanyak 3,5 juta. Sedangkan pemilih tambahan belum diketahui, karena belum semua kabupaten telah membuat data final jumlah pemilih. “DPS akan di sosialisasikan lagi ke masyarakat,” katanya.

Walaupun telah ditetapkan, katanya, KPU masih memberikan ruang untuk dilakukan perubahan yang tentunya di dasarkan pada syarat yang berlaku. Perubahan DPT ini hanya bisa dilakukan, jika ada rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) atau data-data yang diajukan tim kampanye pasangan calon. “Jika ada penduduk potensial pemilih yang belum didaftar dalam DPT, bisa diakomodir lagi,” katanya.

Pemungutan suara Pilkada Gubernur NTT akan digelar pada 18 Maret 2013 mendatang. Karena itu, hingga H -7 pencoblosan, masih dapat ditambahkan pemilih yang memenuhi syarat. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]