Home / Hukrim / 33 Imigran gelap Asal Vietnam Ditangkap di Kupang

33 Imigran gelap Asal Vietnam Ditangkap di Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Imigran di Rudenim Kupang

Imigran di Rudenim Kupang (by Jhon Seo)

NTTTERKINI.COM Kupang – Polisi dan Imigrasi di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tiga hari terakhir berhasil mengamankan 33 imigran gelap asal Vietnam di Pantai Tasikona, Kecamatan Nekamese, Kabupaten Kupang.

“33 imigran gelap tersebut sementara ditahan di rumah detensi imigrasi (Rudenim) Kupang,” kata Kepala Imigrasi Kupang, Silvester Sililaba kepada wartawan, Jumat, 8 Maret 2013.

Puluhan imigran gelap asal Vietnam itu hendak menyebrang ke Australia, namun, kapal yang mereka tumpangai pecah dihantam gelombang sehingga terdampar di pesisir pantai Tasikona.

“21 imigran telah dilakukan pemeriksaan dan ditahan di Rudenim, sedangkan 12 imigran lainnya masih dalam proses pemeriksaan di kantor imigrasi Kupang,” katanya.

Baca Juga :  Tersangka Pembangunan Dermaga di Alor dan Flotim Diperiksa

Para imigran tersebut ditangkap pada waktu berbeda di lokasi yang hampir sama yakni Selasa, 6 Maret 2013 aparat kepolisian resor Kupang mengamankan 10 orang imigran gelap asal Vietnam yang terdampar di Pantai Tasikona, Kecamatan Nekamese.

Pada 7 Maret 2013 polisi kembali mengamankan 11 imigran gelap di Pantai Oepaha. Imigran gelap tersebut juga berasal dari Vietnam terdiri dari 10 laki-laki dan satu perempuan.

Dan, pada 8 Maret 2013, kepolisian menangkap lagi 12 imigran gelap lainnya, di lokasi yang sama. “Puluhan imigran itu terdampar, setelah kapal yang mereka tumpangi menuju Australia dihantam gelombang tinggi, akibat cuaca buruk yang melanda perairan NTT,” katanya.

Kepala Rudenim Kupang, Syarifullah mengatakan, 21 imigran tersebut telah ditampung di rudenim. Kendati, diakuinya, kapasitas rudenim sangat terbatas. Karena masih terdapat imigran gelap lainnya yang belum divekuasi ke Rudenim lainnya di Indonesia.

Baca Juga :  Korupsi MBR, Jaksa Tahan Empat Pegawai Kemenpera

“Kami menerima titipan 21 imigran gelap asal Vietnam dari Kantor Imigrasi Kelas 1 Kupang untuk ditampung sementara sambil menunggu direlokasi ke tempat lain,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]