Home / Sosbud / 335 Calon Haji Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

335 Calon Haji Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Calon Haji

Calon Haji

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 335 calon jamaah haji asal Nusa Tenggara Timur (NTT) siap diberangkatkan ke tanah suci. Pasalnya, mereka telah melunasi kewajiban Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2013. Sedangkan, 305 calon haji lainnya belum melunasi terancam gagal berangkat.

“Batas akhir pelunasan BPIH hingga 12 Juni 2013. Kami masih tunggu calon haji yang belum melunasinya,” kata Kepala Seksi Pelayanan dan Pembinaan Haji dan Umroh Bidang Haji dan Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama NTT, Gafur Jafar, Kamis, 30 Mei 2013.

Dari total kuota calon haji sebanyak 641 orang, baru 335 yang telah lunasi BPI, sedangkan 305 lainnya belum. “Jika ada yang melunasi BPIH, maka tidak diikutkan dalam rombongan haji,” katanya.

Baca Juga :  Plan Fasilitasi Nikah Massal Ratusan Pasangan di TTU

Jumlah biaya yang harus dilunasi setiap jamaah haji asal NTT yang tergabung dalam embarkasi Surabaya itu disesuaikan dengan nilai tukar dolar. Sehingga setiap calon jamaah harus melunasi BPIH untuk 2013 seharga 3.619 dolar Amerika.

Setelah pelunasan BPIH untuk keselurhan calon jamaah haji yang sudah ditetapkan kuotanya tersebut, akan ditentukan waktu keberangkatan bersama kelompok embarkasi Surabaya yang meliputi wilayah NTT, Bali dan Jawa Timur.

Calon jamaah haji yang telah terdaftar tidak bisa digantikan, karena akan disesuaikan dengan daftar tunggu calon haji. “Bagi mereka yang sudah mendaftar, dan masuk daftar tunggu itulah yang akan disertakan dalam ibadah haji,” katanya.

Pola pendaftaran calon haji ini, lanjutnya, dilakukan secara online dan terbuka bagi seluruh umat Muslim untuk mendaftar. Namun, jumlah daftar tunggu untuk calon jamaah haji asal NTT sangat banyak, dan telah penuh hingga tahun 2020. “Daftar tunggu masih sangat banyak, hingga 2020 baru selesai,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]