Home / Polkam / 367 Ribu Lebih Surat Suara di NTT Rusak

367 Ribu Lebih Surat Suara di NTT Rusak

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Konfrensi pers KPU NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 367 ribu lebih surat suara yang telah diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 21 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) dinyatakan rusak, setelah dilakukan penyortiran. Bahkan, satu kabupaten hingga saat ini belum menerima surat suara pemilu.

“Ada 367 ribu surat suara yabmng rusak yang tersebar di 21 kabupaten/kota,” kata Ketua KPU NTT, Thomas Dohu kepada wartawan, Selasa, 19 Maret 2019.

Angka sementara total jumlah surat suara yang diterima di NTT sebanyak 13.739.996 surat suara. Dari jumlah itu sebanyak 6 juta dinyatakan baik. Sedangkan 367 ribu lebih.

Kategori surat suara rusak itu, menurut dia, karena adanya rembesan tinta mengenai surat suara, surat suara robek atau terlipat di salah satu bagian, dan adanya bagian tertentu yg tdk sempat tercetak. “Misalnya yang ditemui, tidak ada pengesahan KPPS,” katnya.

Baca Juga :  655 Lembar Surat Suara di Kota Kupang Rusak

Surat suara rusak terbanyak ditemukan di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sebanyak 1.700 lebih. “Kerusakan terbanyak, karena rembesan tinta,” katanya.

Dari jumlah surat suara yang masuk, masih kurang di satu kabupaten yakni Manggarai Barat yang hingga saat ini belum menerima surat suara, karena masih dalam proses pengiriman. “KM Mentari saat ini sedang menunggu proses bongkar muat di Pelabuhan Reo. Kami desak agar penyedia segera mengirim surat suara ke KPU Manggarai Barat,” katanya.

Selain itu, jelas dia, dari jumlah surat suara yang masuk juga masih mengalami kekurangan surat suara, seperti di TTS, baru dapat dua jenis surat suara, DPR RI dan Prop, sedangkan lainnya brlum. Di Rote Ndao, kurang DPRD kabupaten dapil 1 dan Malaka kurang dua jenis yakni surat suara presiden dan DPD. “Kami sudah minta penyedia untuk segera memenuhi kekurangan surat suara yang kurang dan rusak ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD NTT dan Sekretaris Pariwisata Nyaris Adu Jotos

Selain surat suara, lanjut dia, NTT juga masih mengalami kekurangan kotak suara sebanyak 1.946 kotak dari total kebutuhan sebanyak 78.398 kotak dengan asumsi setiap TPS mendapat lima kotak suara.

Adapun kekurangan lainnya yakni bilik suara sebanyak 5.385 sesuai kebutuhan yang masih kurang. Ll, serta tinta kekurangan 230 botol. Karena itu, dia sudah mendesak KPU RI untuk penuhi kekurangan itu. “Sampai sekarang kami masih menunggu. Kekurangan ini diharapkan bisa dipenuhi pada Maret 2019,” katanya.

Pemilih pada pemilu 2019 di NTT yang telah ditetapkan sebanyak 3,6 juta pemilih yang tersebar di 14.978 TPS. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]