Home / Sosbud / 4.095 TKI asal NTT Dikirim ke Luar Negeri

4.095 TKI asal NTT Dikirim ke Luar Negeri

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 4.095 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Timur (NTT) selama tahun 2013 dikirim ke sejumlah negara di luar negeri untuk bekerja.

“Para TKI itu dikirim 64 PJTKI,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT, Simon Tokan kepada wartawan, Senin, 10 Maret 2014. Para TKI itu dikirim ke Malaysia, Singapura, Hongkong, Uni Emirat Arab, Oman dan Qatar.
Menurut dia, TKI tersebut kebanyakan berasal dari Kabupaten Kupang 1.931 orang, Sumba Barat Daya 472, Timor Tengah Selatan 398, Belu 285, Sumba Barat 246, dan Kabupaten Ende 147 orang. “Sedangkan kabupaten lain jumlahnya dibawah 100 orang,” katanya.

Baca Juga :  Rokatenda Meletus, Ende dan Nagekeo Dihujani Abu Vulkanik

Namun, dia menyayangkan masih banyaknya pengiriman TKI secara illegal untuk dipekerjakan di luar maupun dalam negeri. “Jumlahnya mencapai sepuluh kali lipat dari jumlah yang dikirim secara legal,” katanya.

Pemerintah, katanya, baru mengetahui adanya TKI itu setelah bermasalah. Dia mencontohkan, kematian dua TKI asal NTT di Medan yang disekap dan dianiaya majikannya. Tidak hanya itu, terdapat 10 TKI yang terlantar di Denpasar, Bali. Serta meninggalnya seorang TKI di Malaysia, karena tertembak saat berburu di hutan Malaysia. “Para TKI itu baru diketahui, setelah ada kasus,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]