Home / Sosbud / 60 Persen Ruas Jalan Provinsi Rusak Berat

60 Persen Ruas Jalan Provinsi Rusak Berat

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Andre Koreh

Andre Koreh

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sedikitnya 60 persen dari 1.700 kilo meter (km) ruas jalan provinsi di Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam kondisi rusak berat. Jika tidak segera ditangani akan semakin parah atau putus total.

“Kerusakan itu, akibat bencana alam yang melanda wilayah ini,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT, Andre Koreh kepada NTTTERKINI.COM, Kamis, 4 April 2013.

Menurut Andre, kondisi yang paling parah adalah ruas jalan kabupaten/kota. Dari 14.000 km hanya sekitar 30 persen dalam kondisi baik, sedangkan sisanya dalam kondisi rusak parah, sedang dan rusak berat.

Sedangkan kondisi jalan nasional, katanya, dari panjang ruas jalan nasional di NTT 1.400 km, sudah sekitar 90 persen dalam kondisi baik. Dia mengakui, keterbatasan alokasi anggaran yang mengakibatkan pihaknya sulit memperbaiki ruas jalan yang rusak. “Bahkan melalui APBD provinsi yang dialokasiukan setiap tahun sangat tidak cukup,” katanya.

Baca Juga :  NTT Antisipasi Bentrok di Perbatasan Indonesia- Timor Leste

Saat ini yang bisa dilakukan, katanya, adalah pemeliharaan terhadap ruas jalan terutama yang berhubungan dengan akses ekonomi masyarakat melalui Unit Pemeliharaan Rutin (UPR) yang ada di setiapkabupaten/kota.

Dia mencontohkan kondisi ruas jalan di Pantai Utara (Pantura) Ende-Maumere saat ini rusak berat. Kerusakan tersebut terjadi di sejumlah titik, dan hingga saat ini belum ada yang diperbaiki secara permanen, bahkan ada yang belum disentuh sama sekali.

Pihaknya telah membahas dan mengusulkan rencana perbaikan jalan tersebut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2013. “Mudah-mudahan usulan itu bisa diakomodir pemerintah pusat,” jelasnya. (Avi)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]