Home / Sosbud / 60 Ribu Lebih Warga NTT Pengguna Narkoba

60 Ribu Lebih Warga NTT Pengguna Narkoba

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi Narkoba

Ilustrasi Narkoba

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 60.992 warga Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah pengguna Narkotika dan Obat terlarang (Narkoba). Hal itu disebabkan, NTT menjadi daerah transit peredaran narkoba Internasional.

Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) pengguna narkoba di NTT hingga tahun 2012 lalu mencapai 60.992 orang.

“Kondisi ini sudah sangat mengkuatirkan,” kata Kepala Seksi pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Kupang, Richardo Therik kepada wartawan, Selasa, 4 Mei 2013.

Bahkan, secara nasional, menurut dia, NTT menempati urutan kelima daerah peredaran gelap narkoba, karena menjadi salah satu gerbang masuknya narkoba dari negara Timor Leste.

Karena itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada pelajar di sekolah-sekolah yang menjadi sasaran peredaran narkoba di daerah ini. “Peredaran narkoba seperti fenomena gunung es yang dipermukaannya terlihat kecil, namun mengkuatirkan,” katanya.

Baca Juga :  Kapolda Bantu Pengungsi Rokatenda

Lokasi sasaran peredaran narkoba saat ini, katanya, adalah kalangan pelajar di sekolah-sekolah, sehingga dibutuhkan sosialisasi dan kerjasama untuk mencegah masuknya narkoba ke lingkungan sekolah atau pelajar. “Kami juga akan melakukan tes urine bagi pelajar,” katanya.

Kepala BBN Kota Kupang, Martha Salendang mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan penyuluhan di sejumlah sekolah di Kota kupang dan telah memiliki kader anti narkoba ratusan orang. “Kader anti narkoba sudah mencapai 600 orang lebih dan mereka akan menjadi duta BNN,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : # # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]