Home / Polkam / 757 Bacaleg DPRD NTT Belum Memenuhi Syarat

757 Bacaleg DPRD NTT Belum Memenuhi Syarat

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Djidon de Haan

Djidon de Haan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Berdasarkan hasil verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) ditemukan 757 bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) yang mendaftar ke KPU dinyatakan belum memenuhi syarat caleg.

“Semua calon yang dafatr belum memenuhi syarat sebagai caleg,” kata juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan kepada wartawan, Sabtu, 4 Mei 2013.

Menurut dia, ada dua aspek dalam proses verifikasi berkas bakal caleg yakni persyaratan pencalonan dan persyaratan calon. Persyaratan pencalonan yang berkasnya ditandatangani pimpinan partai politik, kesalahan yang ditemukan lebih pada tidak konsistensinya penulisan nama pimpinan partai.

Sedangkan kekurangan paling banyak, katanya, pada persyaratan calon yang dilengkapi masing- masing bakal caleg. Misalnya, legalisasi ijazah tidak dilakukan pada instansi asal. Surat keterangan kesehatan hanya ditulis caleg bersangkutan cukup sehat untuk dicalonkan. “Padahal formulir kesehatan yang harus dilengkapi adalah keterangan tentang sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba,” katanya.

Baca Juga :  KPU Dituntut Tunda Pleno Rekapitulasi Pilgub NTT

Hasil verifikasi berkas bakal caleg ini, katanya, akan disampaikan ke partai politik untuk diperbaiki dan dilengkapi kekurangan yang ada. “Bacaleg masih punya kesempatan untuk memperbaiki persyaratan yang belum lengkap,” katanya. (Rit)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]