Home / Hukrim / 95 Persen Miras Beredar di NTT Jenis Sopi

95 Persen Miras Beredar di NTT Jenis Sopi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.com, Kupang – Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigadir Jendral (Birjen) Pol Ricky Sitohang mengatakan, peredaran minuman keras (Miras) di daerah ini di kuasai miras tradisional jenis Sopi, ketimbang minuman berkelas dari luar daerah.

“Sesuai data Polda NTT, miras jenis sopi yang beredar mencapai 85-95 persen,” katanya kepada wartawan di Kupang, Kamis, 17 Januari 2013.  Miras jenis sopi ini paling banyak di suplai dari daerah Kiser, Ambon. “Sopi itu di distribusikan melalui jalur laut menggunakan kapal motor melewati Atapupu,” katanya.

Kapolda mengaku telah menghubungi Kapolda Maluku untuk lebih memperketat pengawasan terhadap miras jenis sopi yang dikirim dari Kiser, Ambon melalui jalur laut ke Kupang, NTT.

Baca Juga :  Aksi Bejat Penjaga Toko Setubuhi Anak Dibawah Umur

Dia mengatakan, polisi telah melakukan pengawasan di perairan NTT, namun polisi kesulitan karena tidak bisa beroperasi hingga perairan Kiser, Ambon. Polda NTT hanya berwenang melakukan operasi 12 mil dari bibir pantai, jika telah melewati garis itu maka itu merupakan kewenangan TNI Angkatan Laut (AL).

Pengawasan pemasokan miras jenis sopi akan terus ditingkatkan, sehingga bisa menekan pasokan miras jenis sopi dari luar yang masuk ke NTT. Karena, menurut dia, tingginya angka kriminalitas di NTT disebabkan oleh miras lokal jenis Sopi tersebut. “Saya akan berusaha untuk meminimalisir miras lokal jenis sopi tersebut,” katanya.

Kapolda berjanji akan melakukan sweping di tempat-tempat pembuatan sopi, seperti daerah Amarasi dan Amarasi Barat yang terkenal sebagai salah satu sentra penghasil sopi lokal. “Tidak ada alasan bagi warga untuk memproduksi sopi. Itu melanggar aturan,” katanya. (Dem)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]