Home / Sosbud / 97 Ribu Warga Kota Kupang tak Ber-KTP?

97 Ribu Warga Kota Kupang tak Ber-KTP?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

 

e-KTP

e-KTP

NTTTERKINI.COM, Kupang – Berdasarkan data dinas kependukan (Dispenduk) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), warga Kota Kupang yang melum miliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik (e-KTP) sebanyak 97 ribu orang.

 

“Masih sekitar 97 ribu yang belum melakukan perekaman e-KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan Kota Kupang, Daud Hironimus Djira, Sabtu, 23 November 2013.

 

Dari total 383.589 warga Kota Kupang yang wajib ber-KTP di Kota Kupang, katanya, pihaknya baru merlayani sebanyak 155.481 orang, sedangkan 213.380 lainnya belum terlayani, sedangkan 97 ribu belum melakukan perekaman e-KTP. “Kami masih melayani pengurusan e-KTP hingga 31 Desember 2013,” katanya.

 

Jumlah ini, katanya, setelah pihaknya melakukan konfirmasi ke kelurahan ternyata dari 213.380 warga yang belum terlayani e-KTP telah pindah dan meninggal, sehingga riil di lapangan hanya sebanyak 97.000 orang yang belum merekam e-KTP.

Baca Juga :  Kupang Diguncang Gempa 4,3 SR

 

Perekaman e-KTP ini, lanjutnya, hanya berlaku hingga akhir Desember 2013, dan setelah itu SIAK yang lama dinyatakan tidak berlaku lagi. “Tahun depan pelayanan e-KTP hanya fokus di Dinas Kependukan, tidak di kecamatan lagi,” katanya.

 

Dia mengatakan, e-KTP ini hanya berlaku di tempat domisili, hanya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berlaku di seluruh Indonesia. “Warga selalu berpikir, e-KTP berlaku se-Indonesia, tapi tidak. Jika pindah harus mengurus surat pindah,” katanya.

 

Saat ini, katanya, berdasarkan data Dispenduk per November 2013, jumlah penduduk Kota Kupang telah mencapai 530.526 orang. (Ado)

 

Share Button

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]