Home / Sosbud / 97 Ribu Warga Kota Kupang tak Ber-KTP?

97 Ribu Warga Kota Kupang tak Ber-KTP?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

 

e-KTP

e-KTP

NTTTERKINI.COM, Kupang – Berdasarkan data dinas kependukan (Dispenduk) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), warga Kota Kupang yang melum miliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik (e-KTP) sebanyak 97 ribu orang.

 

“Masih sekitar 97 ribu yang belum melakukan perekaman e-KTP,” kata Kepala Dinas Kependudukan Kota Kupang, Daud Hironimus Djira, Sabtu, 23 November 2013.

 

Dari total 383.589 warga Kota Kupang yang wajib ber-KTP di Kota Kupang, katanya, pihaknya baru merlayani sebanyak 155.481 orang, sedangkan 213.380 lainnya belum terlayani, sedangkan 97 ribu belum melakukan perekaman e-KTP. “Kami masih melayani pengurusan e-KTP hingga 31 Desember 2013,” katanya.

 

Jumlah ini, katanya, setelah pihaknya melakukan konfirmasi ke kelurahan ternyata dari 213.380 warga yang belum terlayani e-KTP telah pindah dan meninggal, sehingga riil di lapangan hanya sebanyak 97.000 orang yang belum merekam e-KTP.

Baca Juga :  Jembatan Airnona- Manutapen Diresmikan

 

Perekaman e-KTP ini, lanjutnya, hanya berlaku hingga akhir Desember 2013, dan setelah itu SIAK yang lama dinyatakan tidak berlaku lagi. “Tahun depan pelayanan e-KTP hanya fokus di Dinas Kependukan, tidak di kecamatan lagi,” katanya.

 

Dia mengatakan, e-KTP ini hanya berlaku di tempat domisili, hanya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berlaku di seluruh Indonesia. “Warga selalu berpikir, e-KTP berlaku se-Indonesia, tapi tidak. Jika pindah harus mengurus surat pindah,” katanya.

 

Saat ini, katanya, berdasarkan data Dispenduk per November 2013, jumlah penduduk Kota Kupang telah mencapai 530.526 orang. (Ado)

 

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]