Home / Sosbud / Ada ‘Lumpur Lapindo’ di Kupang

Ada ‘Lumpur Lapindo’ di Kupang

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Semburan lumpur panas mirip lumpur Lapindo di Jawa Timur ditemukan di Desa Uiasa, Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Semburan lumpur panas ini merusak lahan pertanian dan mengancam pemukiman warga di daerah itu.

“Lumpur panas ini jika tidak segera ditangani akan menggenangi pemukiman warga,” kata Frit, warga Pulau Semau, kepada Tempo, 2 Maret 2015. Semburan lumpur ini sudah terlihat selama dua pekan dan mulai meluber hingga membenamkan lahan sawah dan melon petani.

Lumpur panas itu, menurut dia, menyembur dengan ketinggian 1,5 meter. Ketinggian lumpur yang menggenangi lahan pertanian hampir mencapai satu meter.

Menurut Frit, terdapat tiga titik semburan lumpur panas. Namun, dua di antaranya sudah tidak aktif, hanya satu yang masih aktif. “Semburannya cukup deras dan mengancam pemukiman warga,” katanya.

Baca Juga :  Tiga Desa di Ngada Terancam Gagal Panen

Selain semburan lumpur itu, katanya, terdapat retakan tanah di desa itu yang berjarak sekitar 500 meter dari titik semburan lumpur panas dengan kedalaman mencapai 1 meter. “Ada retakan tanah di dekat titik semburan lumpur itu,” katanya.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTT Abraham Jumina mengaku pihaknya belum mendapatkan laporan resmi terkait lumpur panas yang melanda Pulau Semau dan mengancam pemukiman warga di daerah itu. “Kami akan cek luapan lumpur panas di Pulau Semau. Belum ada laporan ke kami,” katanya. (Tempo.co)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]