Home / Sosbud / Alor Diguncang Gempa, Puluhan Rumah Rusak

Alor Diguncang Gempa, Puluhan Rumah Rusak

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu, 4 November 2015. Akibatnya puluhan rumah di daerah rusak.

Gempa terjadi sebanyak tiga kali dalam sehari yakni Gempa Alor terjadi sebanyak tiga kali dalam sehari, pertama berkekuatan 4,8 SR terjadi sekitar pukul 04.54 Wita di lokasi 8.27 Lintang Selatan dan 124.91 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer, 22 kiometer Timur Laut Alor.

Selanjutnya gempa berkekuatan lebih besar 6,2 SR berlangsung sekitar pukul 10.44 Wita, di 8.20 Lintang Selatan dan 124.94 Bujur Timur, dengan kedalaman 89 kilometer dengan lokasi 28 kilometer Timur Laut.

Baca Juga :  201 ASN Pemprov NTT Terima Satya Lencana dari Presiden

Sedangkan gempa dengan kekuatan 4,5 SR terjadi sekitar pukul 12.34 Wita di lokasi 8.33 Lintang Selatan dan 125.12 Bujur Timur, terjadi di 46 kilometer Tenggara Alor, dengan kedalaman 10 kilometer.

Bupati Alor, Amon Djobo mengatakan, dua kecamatan yang paling parah diguncang gempa yakni Kecamatan Alor Timur dan Alor Selatan.

Gempa dirasakan hampir di seluruh Alor, namun paling parah di Alor timur dan Alor Selatan. Dilaporkan puluhan rumah di sana banyak yang roboh. “Untuk sementara, belum ada korban jiwa yang dilaporkan ke saya karena semua di sana pada panik,” kata Amon.

Tiga gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami, namun getarannya terasa kuat antara IV sampai V Modified Mercalli Intensity (MMI). (Ado)

Share Button
Baca Juga :  Kantor Desa Tuapukan Disegel Warga

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]