Home / Kesehatan / Antisipasi DBD Dan Malaria Jelang Musim Hujan

Antisipasi DBD Dan Malaria Jelang Musim Hujan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Kadis Kesehatan Kota Kupag Dr Ary

Kadis Kesehatan Kota Kupag Dr Ary

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Ari Wijana menghimbau warga untukmengantisipasi dua penyakit yang timbul pada musim hujan yakni Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria.

“Jika sudah sudah masuk musim hujan, penyakit-penyakit yang berpotensi diantaranya, DBD dan Malaria,” kata Ary Wijana, Selasa, 31 Oktober 2017.

Memasuki musim hujan, kata dia, semua puskesmas yang ada akan membagikan abate atau insektisida untuk membunuh jentik nyamuk, bagi semua masyarakat pada bulan November. “Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi musim hujan dan perkembangan jentik nyamuk yang dapat menyebabkan DBD,” tambah Ari.

selain itu, Dinkes melakukan penyuluhan 3M plus, yakni menguras, mengubur, dan menutup tempat-tempat penampungan air, dan plusnya adalah pemakaian obat nyamuk dan lainnya. Abate akan dibagikan secara gratis kepada seluruh masyarakat, melalui kader- kader posyandu dan melalui puskesmas.

Baca Juga :  Tiap Tahun Penduduk NTT Bertambah 88 Ribu Jiwa

Selain itu Dinkes kota Kupang juga menyediakan dan memberikan kaporit atau kalsium hipoklorit yang biasa digunakan untuk membunuh bakteri dalam air. ”Bagi warga yang membutuhkan kaporitisasi di sumber air rumah tangga seperti sumur, maka dapat diambil di puskesmas,” ujarnya. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]