Home / Polkam / Antra RI Ungkap Dugaan Kecurangan Pilkada Rote Ndao

Antra RI Ungkap Dugaan Kecurangan Pilkada Rote Ndao

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Dialog antara Antra dan KPU Rote Ndao

NTTTERKINI.COM, Ba’a – Amanat penderitaan rakyat Nusantara Republik Indonesia (Antra RI) mengungkap kecurangan Pemilu kepala daerah (Pilkada) yang dilakukan pasangan calon Paulina Haning dan Stefanus Saek (Lentera) saat pencoblosan 27 Juni 2018 lalu.

“Banyak kecurangan yang terjadi saat pencoblosan lalu,” kata koordinator Antra, Yunus Panie saat menggelar unjuk rasa di DPRD, KPU dan Panwaslu Rote Ndao, Rabu, 4 Juli 2018.
 
Dugaan kecurangan yang diungkapkan, antara lain pembukaan kotak suara tanpa sepengetahuan saksi oleh KPPS di Kecamatan Pantai Baru yang diduga atas perintah KPU Rote Ndao.
 
Kecurangan lain yakni penggunaan C1KWK yang tanpa hologram, serta penggunaan surat keterangan (Suket) yang tidak sesuai prosedur. 
 
Masalah dugaan manipulasi pemilih disabilitas yang angkanya mencapai 300 pemilih, serta dugaan money politik yang dilakukan paslon itu.  “Karena itu, kami desak KPU Rote Ndao untuk menghentikan tahapan Pilkada,” tegasnya. 
 
Dia mengaku masalah tersebut sudah dilaporkan ke Panwas, namun prosesnya sangat lamban. “Semua sudah kami laporkan,” katanya. 
 

Anggota KPU Rote Ndao, Berkat Ngulu mengatakan pemilih yang menggunakan suket dan diakui hanya suket yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikcapil) Rote Ndao. Sedangkan suket yang dikeluarkan pihak lain dinyatakan tidak sah. “Yang diakui hanya suket yang ditandatangani oleh Kadis Dukcapil, sedangkan lainnya tidak sah,” tegasnya.

Baca Juga :  Kodi Mete: Saya Tak Ingin Jadi Bupati Lagi

Terkait tuntutan penundaan tahapan Pilkada yang memasuki tahap rekapitulasi suara Pilkada Rote Ndao, kata dia, KPU tidak bisa menunda tahapan Pilkada, karena sudah sesuai dengan skedul yang ada. Apalagi tidak ada rekomendasi dari Panwas untuk menunda tahapan Pilkada. “Kami tidak bisa tunda tahapan Pilkada,” tegasnya.

Sesuai jadwal tahapan Pilkada Rote Ndao telah memasuki tahapan rekapitulasi suara paslon yang akan digelar besok, Kamis, 5 Juli 2018. (Ado)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]