Home / Ekbis / Anwar: Investor Jangan Datang Hanya Tender Proyek

Anwar: Investor Jangan Datang Hanya Tender Proyek

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno foto bersama investor asal Surabaya

Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno foto bersama investor asal Surabaya

NTTTERKINI.COM, Kupang – Ketua DRD Nusa Tenggara Timur (NTT), Anwar Pua Geno menegaskan lembaga dewan sangat mendukung kehadiran investor yang hendak berinvestasi di daerah ini, tapi diingatkan agar jangan datang di NTT hanya berorientasi tender proyek.

Anwar Pua Geno tegaskan ini ketika menerima Presiden Direktur PT Jakrindo Mas, Ronny Wijaya bersama rombongan di ruang kerjanya, Rabu, 30 Agustus 2017.

Anwar mengatakan, daerah NTT sedang dalam proses membangun, sehingga menerima siapa pun yang punya niat baik untuk membangun daerah ini. Karena itu, pemerintah dan lembaga dewan pasti membuka diri terhadap investor yang hendak berinvestasi di provinsi bercirikan kepulauan ini. 

Kehadiran investor tentunya seiring dengan perhatian yang tinggi dari pemerintah pusat terhadap NTT pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo. “DPRD NTT pasti dukung kehadiran perusahaan ini, apalagi sudah punya hati untuk ikut membangun daerah ini. Jangan ragu atas kepercayaan kami,” kata Anwar.

Dia berharap PT Jakrindo Mas membuka kantor, showroom dan pabrik di sini, sehingga bisa menyerap tenaga kerja lokal. Hanya dengan kehadiran pihak swasta, industri, dan investasi, tenaga kerja di daerah ini yang masih dalam jumlah besar bisa terserap. NTT memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa seperti geothermal, air, dan bayu, serta tenaga surya. 

“Kalau sudah memiliki komitmen untuk ikut membangun daerah ini, perusahaan ini pasti mendapat proyek, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD NTT ,” ungkap Anwar.

Pada kesempatan itu ia menyampaikan, bila perusahaan ini membutuhkan lahan untuk berinvestasi atau membangun pabrik, bisa berkomunikasi dengan pemerintah, karena Pemerintah NTT memiliki lahan di Kawasan Industri Bolok. 

Ketua Komisi IV Bidang Infrastruktur DPRD NTT, David Melo Wadu mengingatkan manajemen PT Jakrindo Mas yang berkantor pusat di Surabaya untuk membangun kerja sama dengan perusahaan lokal bila sudah hadir di NTT. “Jangan sampai kehadiran perusahaan ini justeru menginjak- injak perusahaan lokal di daerah ini yang berskala kecil. Prinsipnya, tidak boleh ada monopoli karena memiliki fasilitas lebih lengkap ketimbang perusahaan lokal,” katanya.

Anggota Komisi IV DPRD NTT dari Fraksi Partai Demokrat, Bonifasius Jebarus menyatakan, walaupun secara lembaga pimpinan dewan merespon kehadiran perusahaan ini, tapi perlu dilakukan uji lapangan untuk memastikan keabsahan perusahaan ini. 

“Jangan sampai kehadiran rombongan perusahaan ini, sebagai calo. Dengan demikian, tidak lagi datang di NTT untuk berinvestasi sebagaimana dipaparkan,” tegasnya.

Presiden Direktur PT Jakrindo Mas, Ronny Wijaya menyampaikan, perusahaan ini lebih banyak bergerak di bidang infrastruktur. Perusahaan ini bisa mengerjakan pemecah gelombang, embung, jembatan, penyulingan air laut menjadi air tawar, dan rumah susun sewa (Rusunawa). Perusahaan sudah memiliki keinginan untuk berinvestasi di NTT. 

“Banyak produk kami di bidang infrastruktur. Bahkan untuk rusunawa, kami memakai sistem modul yang bahan lokalnya berasal dari NTT,” ujar Ronny. (Ado)

Komentar ANDA?

Baca Juga :  Pertamina Tindak Tegas SPBU Nakal di Kupang

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]