Home / Polkam / Baliho Caleg Mulai Bergelantungan di Pohon

Baliho Caleg Mulai Bergelantungan di Pohon

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Baliho calon anggota legislatif (Caleg) Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/kota mulai bergelantungan di pohon di ruas jalan-jalan utama di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Padahal sesuai aturan, baliho dipasang pada tempatnya, seperti kantor perwakilan Partai politik (Parpol) di daerah.

Pantauan wartawan, di ruas jalan El Tari, Frans Seda dan Piet Tallo banyak baliho caleg yang terpampang tidak pada tempatnya, karena kebanyakan baliho tersebut tertempel di pohon- pohon. Kebanyakan baliho itu milik caleg DPRD Kota dan Provinsi.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT Yemris Fointuna menegaskan pihaknya segera menertibkan baliho Caleg yang dipasang tidak pada tempatnya. “Kami sudah surati Panitia Pengawas Kabupaten/kota untuk segera tertibkan baliho caleg,” katanya.

Baca Juga :  Lay Djaranjoera Siap Bertarung di Pilkada Kota Kupang

Penertiban baliho caleg itu, menurut dia, merupakan tindak lanjut dari aturan tentang larangan pemasangan baliho tidak pada tempatnya dan pemuatan foto caleg pada media sosialisasi tersebut. “Aturannya sudah jelas, baliho caleg tanpa foto. Jika ditemukan akan kami tertibkan,” katanya.

Dia mengatakan, pemasangan baliho caleg di tempat-tempat umum baru bisa dilakukan pada masa kampanye yakni dua pekan sebelum pelaksanaan pemilu yang dijadwalkan berlangsung pada 9 April 2014. “Belum masa kampanye. Jadi harus ikut aturan mainnya,” kata Yemris.

Juru bicara KPU NTT, Djidon de Haan mengatakan pemasangan media sosialisasi dalam bentuk baliho diatur sesuai dengan zona. Namun dalam baliho tidak diperkenankan untuk mencantumkan tanda gambar caleg.

Baca Juga :  Medah Siap Maju Gubernur NTT

“Hanya boleh diizinkan tanda gambar parpol dan pengurus parpol yang bukan caleg. Sedangkan media spanduk, boleh dipasang dengan tanda gambar caleg,” katanya.

KPU, menurut dia, telah melakukan sosialisasi kepada partai politik dan caleg, sehingga semua peserta pemilu harus menaatinya. “Kami sudah lakukan sosialisasi terkait baliho caleg ini,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]