Home / Ekbis / Bank BUMN Kuasai Aset Perbankan Di NTT

Bank BUMN Kuasai Aset Perbankan Di NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Media Gathering OJK di Ende

Media Gathering OJK di Ende

NTTTERKINI.COM, Ende – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengungkapkan bank pemerintah atau bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menguasai 50,04 persen dari total aset perbankan di NTT.

“Untuk NTT, bank pemerintah atau BUMN masih menguasai aset perbankan,” kata Kepala OJK NTT, Winter Marbun saat media Gathering di Ende, Flores, Kamis, 12 Oktober 2017.

Berdasarkan data OJK, pada Agustus 2017, total aset seluruh perbankan di NTT sebesar 12,20 persen atau meningkat dari Rp32,26 triliun, menjadi Rp 36,19 triliun. Bank pemerintah atau BUMN menguasai 50,04 persen, dari total aset perbankan, sedangkan bank pemerintah daerah (Pemda) hanya menguasai 34,81 persen.

Baca Juga :  Lecehkan Gereja, Novanto Diduga Lindungi Tambangnya

Sementara itu, sistem penghimpunan dana pihak ketiga, yakni giro, tabungan dan deposito juga mengalami peningkatan sebesar 6,38 persen dari Rp 23,44 triliun menjadi 24,94 triliun dengan penguasaan aset yakni bank BUMN menguasai 52,28 persen, sedangkan bank Pemda sebesar 36,40 persen.

“Kondisi perkembangan keuangan sangat positif dan semakin mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya, meski masih di kuasai oleh bank BUMN”, tambah Winter.

Optimalisasi peran bank dalam pembangunan daerah masih di dominasi sektor konsumsi, diikuti kredit modal kerja dan kredit investasi, dengan sebaran kredit terbesar yakni di Kota Kupang sebesar 22,50 persen, Kupang 10,35 persen dan Belu sebesar 6,81 persen.

“Secara umum, kondisi industri jasa keuangan di NTT menunjukkan pertumbuhan bisnis yang baik dan dalam kondisi yang stabil,” tegasnya. (Lid)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]