Home / Kesehatan / Banyak Warga Kota Kupang Derita Sakit Jantung

Banyak Warga Kota Kupang Derita Sakit Jantung

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Pelatihan dokter

NTTTERKINI.COM, Kupang – Penyakit tidak menular seperti darah tinggi atau Hipertensi, menyebabkan serangan jantung mendadak, dalam 10 peringkat penyakit terbanyak yang diderita warga di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Terkadang kasus kegawatdaruratan ditimbulkan oleh penyakit tidak menular seperti hipertensi, yang berpotensi menjadi serangan jantung mendadak, bahkan menyebabkan kematian dalam waktu yang cepat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati saat membuka pelatihan Advance Cardiaac Life Support (ACLS) dan Basic Cardiac Life Support (BCLS) bagi 35 dokter dan 30 perawat, Selasa, 22 Oktober 2019.

Hasil evaluasi pelayanan Brigade Kupang Sehat (BKS) semester I tahun 2019 ditemukan pasien kegawatdaruratan terkait penyakit kardiavaskuler seperti pasien hipertensi dan stroke menjadi pasien paling banyak yang ditangani yakni 71 kasus pasien hipertensi dan 12 kasus pasien stroke.

Baca Juga :  Pemkot Kupang Luncurkan Layanan Khusus Kecelakaan

Hal tersebut menunjukkan perilaku hidup sehat, gaya hidup dan pola makan mempengaruhi serta memicu timbulnya penyakit tersebut.

Penanggulangan kasus tersebut, pelayanan kegawatdaruratan harus di tingkatkan sekaligus memperbaiki kualitas layanan dengan pengetahuan dan ketrampilan dokter dan tenaga medis dalam penanganan pertama.

“Pentingnya penguasaan tindakan bantuan hidup dasar menjadi standar keahlian yang harus dikuasai tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan efesien,” tambah Retno.

Serangan jantung biasanya di akibatkan oleh penumpukan plak lemak, kolestrol dan zat lain di dinding pembuluh koroner yang menyediakan suplai darah beroksigen untuk otot jantung, aliran darah yang terganggu dapat merusak bahkan menghancurkan bagian otot jantung. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]