Home / Pendidikan / Baru 78 Wartawan di NTT yang Pegang Kartu Kompetensi

Baru 78 Wartawan di NTT yang Pegang Kartu Kompetensi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Dewan Pers

NTTTERKINI.COM, Kupang – Dewan Pers melansir baru sebanyak 78 wartawan di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang telah memperoleh sertifikasi kompetensi. Diantaranya tingkat muda sebanyak 29 orang, Madya sebayak 25 orang dan tingkat utama sebanyak 24 orang. Angka tersebut belum termasuk wartawan yang melakukan UKW di luar NTT atas inisiatif sendiri.

Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Perusahaan Pers, Ratna Komala mengatakan Perusahaan pers dan jurnalis di Nusa Tenggara Timur (NTT) wajib terverifikasi dan berkompeten sebagai upaya mendorong jurnalisme yang lebih profesional.

“Tujuan verifikasi perusahaan pers dan kompetensi bagi jurnalis untuk memastikan legalitas perusahaan dan produk jurnalistik yang mencerminkan pers yang bertanggungjawab,” katanya saat workshop Bakti untuk Negeri, Kamis, 20 September 2018.

Baca Juga :  28 Oktober 2017, Ribuan Mahasiswa PT Se-NTT Turun ke Jalan

Selain melakukan verifikasi, menurut dia, perusahaan pers juga mendorong setiap wartawan wajib mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai salah satu bentuk profesionalisme yang melahirkan karya jurnalistik sesuai kode etik.

“Wartawan wajib miliki sertifikasi dengan mengikuti uji kompetensi yang  bertujuan agar wartawan mampu bersaing secara profesional,” tambah Ratna.

NTT hanya memiliki 78 wartawan yang telah memperoleh sertifikasi kompetensi diantaranya tingkat muda sebanyak 29 orang, Madya sebayak 25 orang dan tingkat utama sebanyak 24 orang. Angka tersebut belum termasuk wartawan yang melakukan UKW di luar NTT atas inisiatif sendiri. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : # #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]