Home / Polkam / Bawaslu Antisipasi Kampanye Terselubung saat Natal

Bawaslu Antisipasi Kampanye Terselubung saat Natal

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ketua Bawaslu NTT Nelce Ringu

Ketua Bawaslu NTT Nelce Ringu

NTTTERKINI.COM, Kupang – Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengantisipasi kampanye terselubung yang dilakukan calon anggota legislatif (Caleg) saat perayaan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.

“Para caleg biasanya memanfaatkan momen Natal untuk melakukan kampanye di tempat-tempat ibadah,” kata Ketua Bawaslu NTT Nelce Ringu kepada wartawan di Kupang, Rabu, 18 Desember 2013.

Saat Natal, menurut dia, biasannya para caleg mengumpulkan massa dengan alasan acara keagamaan untuk mensosialisasikan diri dengan cara membagi-bagikan parsel kepada warga. “Pemberian parsel saat Natal juga dilarang, karena masuk kategori money politik,” katanya.

Dia mengaku akan mengerahkan anggota pengawas mulai tingkat paling bawah yakni panitia pengawas pemilu kecamatan, kabupaten dan kota untuk mengawasi kampanye terselebung ini. “Kami akan kerahkan jajaran kami dibawah untuk awasi kampanye terselubung itu,” katanya.

Baca Juga :  Jefri Riwu Kore: Kami Hormati Putusan Panwaslu

Selain parsel, katanya, Bawaslu juga akan menertibkan baliho caleg yang masih bergangtungan di pohon dan jalan-jalan utama, setelah pemerintah Kota Kupang menetapkan zona kampanye pemilu 2014. “Surat keputusan dari Wali Kota terlambat, sehingga akan baru akan tertibkan,” katanya.

Dia juga tidak akan berpatokan pada aturan bahwa spanduk caleg harus berukuran 1,5×7 meter, karena ada spanduk yang berukuran di bawah ukuran itu. “Kami abaikan masalah ukuran spanduk atau baliho,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]