Home / Polkam / Bawaslu NTT Proses PNS Terlibat Tim Sukses

Bawaslu NTT Proses PNS Terlibat Tim Sukses

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Sekda NTT Fransiskus Salem

NTTTERKINI.COM, Kupang – Ketua Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Nusa Tenggara Timur, Nelce Ringu mengatakan saat ini pihaknya baru menangani kasus netralitas PNS dalam pemilu gubernur di Kabupaten Manggarai.

Dimana, seorang PNS dengan berpakaian keki membawa dan membagikan alat peraga pasangan calon tertentu kepada PNS di kantor tersebut. “Dia juga ikut melakukan sosialisasi tentang paket bersangkutan,” kata Nelce, Selasa, 12 Februari 2013.

Sedangkan daerah lain, lanjut Nelce, pihaknya kesulitan mendapatkan data tentang keterlibatan PNS dalam hajatan pemilu gubernur 2013. Padahal informasi tentang ketidaknetralan PNS cukup banyak. “Kami masih sulit sikapi PNS yangg tidak netral dalam pemilu gubernur, karena masyarakat tolak menjadi saksi,” katanya.

Baca Juga :  Esthon: Saya Tidak Akan Mobilisasi PNS

Sekretaris Daerah NTT, Fransiskus Salem mengatakan sejak pemerintah provinsi menyerahkan Data Penduduk Potensi Pemilu Pemilih (DP4) pemilu gubernur kepada KPU NTT beberapa waktu lalu, Gubernur Frans Lebu Raya sudah menyurati bupati dan wali kota se-NTT, KPU dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup provinsi NTT.

Isi surat itu tentang netralitas PNS. Selain itu, melakukan sosialisasi kepada berbagai pihak, terutama melalui media massa. “Kami terus mengimbau kepada semua PNS untuk menaati surat gubernur tersebut,” katanya.

Hingga saat ini, katanya, pemerintah provinsi belum mendapat laporan tentang netralitas PNS dalam pemilu gubernur. Kalau ada laporan, akan disikapi sesuai aturan yang berlaku. Mulai dari peringatan biasa sampai pemecatan sebagai PNS. “Semua aspek ini sudah ada aturan, tinggal saja diterapkan sesuai tingkat pelanggaran yang dilakukan,” katanya.

Baca Juga :  Dira Tome Pimpin Sabu, Dapawole Pimpin Sumba Barat

Sebelumnya, dua PNS lingkup Pemerintah Provinsi NTT ditangkap Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Sabu Raijua, karena kedapatan melakukan kampanye mendukung pasangan calon tertentu. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]