Home / Polkam / Bawaslu Proses Perekrutan 4.404 Pengawas Pilgub NTT

Bawaslu Proses Perekrutan 4.404 Pengawas Pilgub NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Yemris Fointuna

Yemris Fointuna

NTTTERKINI.COM, Kupang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT sedang melakukan proses perekrutan terhadap 4.404 pengawas untuk kepentingan Pilkada di 10 kabupaten dan pemilu gubernur (pilgub).

“4.404 orang pengawas yang direkrut itu akan ditempatkan di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan,” kata Anggota Bawaslu NTT, Jemris Fointuna sampaikan ini pada acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Kupang, Kamis, 12 Oktober 2017.

Setiap kecamatan, menurut dia, akan ditempatkan tiga orang pengawas, sehingga jumlah pengawas yang direkrut untuk tingkat kecamatan sebanyak 942 orang yang akan ditempatkan di 314 kecamatan. Sedangkan masing-masing desa/kelurahan akan ditempatkan satu orang, sehingga jumlahnya sebanyak 3.462 orang. “Untuk tingkat/kabupaten, sudah dilakukan perekrutan sebanyak 66 orang untuk ditempatkan di 22 kabupaten/kota,” kata Jemris.

Baca Juga :  KPU: Dukungan Calon Perorangan Pilgub NTT 272.300

Dia menyampaikan dengan telah dan akan ada perekrutan pengawas tingkat kabupaten/kota hingga desa/kelurahan tersebut, maka sejak awal peluncuran tahapan Pilgub pada Sabtu, 14 Oktober 2017, Bawaslu bersama jajarannya sudah mulai melakukan pengawasan. “Pengalaman pilgub sebelumnya, pengawasan tidak dilakukan sejak awal, karena terlambat merekrut panitia ad hoc,” ujarnya.

Terkait dana pengawasan Jemris mengatakan, untuk kepentingan Pilgub, sudah dialokasikan anggaran sebesar Rp 122,3 miliar. Bawaslu dan Pemerintah NTT pun sudah tanda tangani Nilai Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Sedangkan pilkada di 10 kabupaten, baru Sumba Tengah yang sudah tanda tangan NPHD. “Diharapkan dalam waktu dekat, sembilan kabupaten lainnya menandatangani NPHD,” ujarnya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]