Home / Polkam / Beda Data, Pleno Rekapitulasi KPU Kupang Dipending

Beda Data, Pleno Rekapitulasi KPU Kupang Dipending

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Pleno Rekapitulasi Pilgub NTT

Pleno Rekapitulasi Pilgub NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur (NTT) menskorsing pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu kepala daerah (Pilkada) Gubernur NTT, karena terdapat perbedaan data antara KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Karena ada perbedaan data, maka kami skorsing pleno ini untuk menyelesaikan perbedaan data itu,” kata Ketua KPU NTT, Johanis Depa saat pleno rekapitulasi di kantor KPU NTT, Rabu, 27 Maret 2013.

Bawaslu memprotes data yang disampaikan Ketua KPU Kabupaten Kupang, Hans Louk. Ketua Bawaslu NTT, Nelce Ringu mengatakan jumlah surat suara yang terpakai saat pencoblosan tidak sesuai dengan data yang dipegang Bawaslu. “Data yang kami berbeda dengan laporan KPU Kabupaten Kupang,” kata Nelce.

Baca Juga :  Gunung Hobalt di NTT Meletus

Juru Bicara KPU NTT, Djidon de Haan mengatakan, jumlah surat suara yang dikirim, surat suara rusak dan surat berbeda, namun tidak mempengaruhi suara pasangan calon. “Bedanya hanya puluhan suara, tidak sampai ribuan,” katanya.

Padahal, menurut dia, jika Bawaslu memegang data hasil pleno rekapitulasi kabupaten/kota tentu akan sama, tapi jika dihitung sendiri muali dari TPS, PPS dan PPK bisa saja terjadi kekeliruan. “Kekeliruan mungkin saja terjadi, jika datanya dihitung sendiri oleh bawaslu,” katanya.

Johanis Depa mengatakan perbedaan data pemilih yang tercantum dalam dokumen Ketua KPU Kabupaten Kupang dengan data pemilih yang termuat dalam dokumen Bawaslu dan saksi, terjadi karena kesalahan dalam print out. “Setelah ditelusuri ditemukan ada perbedaan yang dimiliki KPU Kabupaten Kupang,” katanya.

Baca Juga :  Pemuda Tewas Terjun dari Jembatan Liliba

Menurut dia, data pemilih yang disampaikan KPU Kabupaten Kupang sudah ada perubahan, akibat dari pemilu ulang di satu TPS. Sedangkan data Bawaslu belum menambah data pada pemilu ulang tersebut. Karena itu, KPU Kabupaten Kupang, Bawaslu dan para saksi akan melihat ulang perbedaan data itu.

Dengan demikian, katanya, pleno rekapitulasi Kabupaten Kupang ditangguhkan hingga penelusuran itu ditemukan. “Kami lanjutkan dengan rekapitulasi dari kabupaten lain. Kabupaten Kupang kami tangguhkan,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]