Home / Hukrim / Belasan Nelayan asal Cina, Vietnam dan Myanmar Diamankan

Belasan Nelayan asal Cina, Vietnam dan Myanmar Diamankan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sebanyak 15 dari 21 orang nelayan asal Cina, Vietnam dan Myaanmar diamanakan Satuan Pengawas Sumber Daya Perikanan dan Kelautan Unit Wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), karena kedapatan mencuri ikan di perairan Indonesia.

Belasan nelayan itu diamankan bersama sebuah kapal asal Cina yang berbendera dan berdokumen Negara Republik Democratik Timor Leste (RDTL) yang melintas masuk di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) di perbatasan perairan laut antara Indonesia dan Timor Leste.

Kapal yang diketahui sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan di perairan Indonesia itu langsung diamakan aparat dan dengan pengawalan ketat digiring ke dermaga tempat penyimpanan ikan Tenau Kupang untuk selanjutnya diperiksa dan penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga :  Kemenpar Undang 32 TA-TO Famtrip ke Destinasi Joglosemar

Selain amankan kapal, petugas juga mengamankan 21 anak buah kapal (ABK), terdiri dari 6 warga Indonesia, tiga warga asal Vietnam, tiga warga Myanmar dam sisanya berasal dari China.

Kepala Pengawas Sumber Daya Perikanan dan Kelautan Kupang, Mubarak mengatakan kapal China berbendera Timor Leste itu diamankan, karena melintas perairan Indnesia, tanpa dokumen. “Dokumen yang ada berasal dari Timor Leste,” katanya.

Pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa ikan dan alat penangkap ikan. “Saya belum bisa banyak berkomentar, karena masih menunggu perintah dari Mentri Perikanan dan Kelautan RI,” tegasnya. (*/Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]