Belasan Pelabuhan di NTT Belum Tetapkan Rute Pelayaran

0
1208
Basar Pandjaitan
Basar Antonius

NTTTERKINI.COM, Kupang –  Direktur Kenavigasian Kementrian Perhubungan Laut RI, Basar Antonius mengatakan 12 pelabuhan di Nusa Tenggara Timur (NTT) belum menerapkan
penetapan alur-alur pelayaran atau sistem rute bagi kapal yang masuk pelabuhan umum.

“Masih ada 40 pelabuhan di Indonesia yang belum tetapkan alur atau sistem rute pelayaran bagi kapal yang masuk pelabuhan umum maupun khusus, 12 diantaranya pelabuhan yang ada di NTT. Ini perlu segera ditetapkan, tata cara berlalu lintas, penetapan alur pelayaran sebagai pedoman bagi kapal labuh,” kata Basar Antonius saat membuka sosialisasi penetapan alur pelayaran masuk pelabuhan, sistem rute dan tata cara berlalu lintas, Kamis, 12 September 2019.

Kepala Distrik Navigasi Klas II Kupang, Saham Amirsyarif mengatakan khusus NTT,  12 pelabuhan yang belum melakukan penerapan sistem rute atau penetapan alur tersebut diantaranya pelabuhan Tenau Kupang, Pelabuhan Labuan Bajo, Waingapu, Ende, dan Larantuka.

“Kami prioritas penetapan rute alur pelayaran dari pelabuhan-pelabuhan yang ramai arus lintas kapal, yakni Tenau Kupang dan Labuan Bajo, yang lainnya akan kita lakukan secara bertahap,” kata Saham.

Penetapan alur pelayaran masuk pelabuhan, sistem rute, tata cara berlalu lintas dan daerah labuh kapal sesuai dengan kepentingannya di
pelabuhan di atur dalam keputusan Menteri Perhubungan RI nomor KP 501 tahun 2017. (Lid)

Komentar ANDA?