Home / Polkam / Belum Ada Bacagub NTT Yang Lolos Syarat Administrasi

Belum Ada Bacagub NTT Yang Lolos Syarat Administrasi

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Kupang – Belum ada satu pun bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2013-2018 yang memenuhi syarat administrasi yang dimasukan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Syarat yang kurang diantaranya, surat keterangan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang harta kekayaan.

“Enam pasangan bacagub dan bacawagub belum memenuhi syarat administrasi karena masih ada kekurangan yang harus dilengkapi,” kata Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Djidon de Haan kepada wartawan, Sabtu, 12 Januari 2013.

Menurut dia, berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan terhadap berkas pendaftaran pasangan calon, masih banyak kekurangan yang harus dilengkapi semua pasangan bakal calon. Kekurangan paling banyak menyangkut nama dan ijazah. “Untuk hal ini, KPU akan melakukan cross check dengan instansi terkait,” katanya.

Baca Juga :  Sambut Sail Komodo, Kota Kupang di Percantik

Dia mencontohkan, misalkan untuk nama, rujukannya pada kartu tanda penduduk (KTP). KPU akan melakukan cross check ke Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan untuk memastikan nama yang dimaksud dalam berkas pendaftaran adalah nama yang dimaksudkan dalam berkas yang diverifikasi. “Kami sudah sampaikan kekurangan ini ke semua pasangan calon untuk dilengkapi paling lambat 16 Januari 2013,” katanya.

Jika pasangan bakal calon tidak bisa memenuhi kekurangan tersebut, akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku. Jika tidak maka bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT bisa digantikan dengan pasangan calon lainnya. “Bisa menggantikan bakal calon yang ada, jika tidak penuhi syarat administrasi,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]