Home / Polkam / Belum Semua Pulau di NTT Diberi Nama

Belum Semua Pulau di NTT Diberi Nama

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Frans Salem

NTTTERKINI.COM, Kupang – Sekretaris daerah (Sekda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Salem mengakui belum semua pulau di daerah telah diberi nama. Padahal, pemerintah pusat telah memberikan deadline hingga akhir 2010 lalu. “Pemerintah Kabupaten belum rampung penamaan pulau di daerah ini,” katanya kepada wartawan, Jumat, 15 Februari 2013.

Sekitar 719 dari 1.192 pulau di daerah ini yang belum diberi nama, baru 472 pulau telah diberi nama. Dari totaol pulau itu. Dari jumlah pulau itu, hanya sekitar 44 pulau yang berpenghuni, ditambah dua pulau yang di jaga TNI AD yakni Pulau Batek dan Pulau Ndana Rote.

Sedangkan pulau- pulau lain, kalaupun ditempati sifatnya sementara. Misalkan dipakai oleh nelayan untuk tinggal sementara saat musim melaut. Karena setelah itu, warga tersebut kembali ke kampung halamannya.

Baca Juga :  Bendera di Kantor Gubernur NTT Sobek

Karena itu, dia meminta perhatian serius dari pemerintah daerah untuk segera menamakan pulau-pulau di wilayahnya. “Kami minta agar mereka segera menamakan pulau-pulau tersebut,” katanya.

Diakuinya penamaan pulau harus disesuaikan dengan sejarah atau budaya yang ada di daerah itu. Yang mengetahui sejarah pulau yang akan dinamakan adalah Bupati, sehingga mereka yang harus menamakan pulau itu. “Penamaan pulau itu kewenangan Bupati, bukan gubernur,” katanya.

Pemerintah NTT, katanya, telah menyurati Bupati untuk segera menamakan pulau-pulau tersebut, tapi hingga sekarang belum juga selesai. Karena itu, dia menyarankan agar kabupaten membentuk tim khusus. “Perlu adanya tim khusus untuk menamakan pulau-pulau itu,” katanya.

Dia menambahkan, penamaan pulau di NTT itu penting dilakukan, jika tidak ingin pulau-pulau itu diklaim oleh pihak lain. “Pihak lain bisa mengklaim pulau di NTT, sebagai milik mereka. Jika tidak segera dinamakan,” katanya. (Ado) 

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]