Home / Sosbud / Bencana Alam Landa Belasan Kabupaten di NTT

Bencana Alam Landa Belasan Kabupaten di NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

NTTTERKINI.COM, Kupang РSebanyak 16 kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT)  dilanda bencana alam, seperti tanah longsor, banjir dan angin puting beliung. Akibatnya, ribuan rumah terendam, dan puluhan lainnya tertimbun longsor.

“Ada 16 kabupaten yang meplaporkan wilayahnya di landa bencana alam banjir dan longsor,” kata Kepala BPBD NTT Tini Thadeus, Kamis, 17 Januari 2013.

16 kabupaten/kota yang di terjang bencana yakni Kota Kupang, Belu, Sumba Barat Daya, Alor, Kabupaten Kupang, Flores Timur, Sikka, Ende, Lembata, Timor Tengah Selatan, Manggarai, Manggarai Timur, Nagekeo, Sumba Barat, Sabu Raijua dan Rote Ndao.

Bencana banjir terparah terjadi di Kabupaten Belu yang merendam sedikitnya 1.725 rumah di sembilan kecamatan. Banjir juga merendam 350 rumah di Desa Oebelo, dan nyaris memutuskan ruas jalan Trans Timor yang terhubung dengan Timor Leste.

Baca Juga :  Gudang Klontong di Kupang Ludes Terbakar

Di Kota Kupang, bencana longsor menimbun sedikitnya 20 rumah di Kelurahan Belo. Longsor juga terjadi di Kabupaten Ende yang memutuskan ruas jalan Trans Flores. Selain merendam dan menimbun rumah warga, banjir dan longsor juga merusak tanaman pertanian milik warga. “Bencana alam ini merata hampir di seluruh kabupaten,” katanya.

Penanganan bencana alam itu, menurut dia, masih ditangani oleh pemerintah kabupaten dan kota, berupa bantuan tanggap darurat, seperti beras, makanan siap saji, selimut dan tenda bagi pengungsi. “Bantuan sudah disalurkan kepada warga yang terkena dampak bencana itu,” katanya.

Bahkan, di Kabupaten Sumba Timur, pemerintah membangun 28 rumah bagi korban banjir dengan dana Rp 560 juta, tiap rumah dibangun dengana anggaran Rp 20 juta. (Ado)

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]