Home / Polkam / Besok, Bupati dan Wakil Bupati Sikka Dilantik

Besok, Bupati dan Wakil Bupati Sikka Dilantik

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Robby Idong dan Romanus Woga

NTTTERKINI.COM, Kupang – Bupati dan Wakil Bupati Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiskus Roberto Diogo atau Robby Idong bersama Romanus Woga dijadwalkan akan dilantik Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Kamis, 20 September 2018.
 
“Besok kami akan dilantik, kami akan jalankan semua program yang sudah kami siapkan,”  kata Bupati Sikka terpilih, Roby Idong kepada wartawan di Kupang, Rabu, 19 September 2018.
 
Jabatan sebagai kepala daerah, menurut dia, sebenarnya sangat beresiko, karena jika salah kelola berarti berurusan dengan Komsi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
“Jabatan ini enak-enak, sedap. Namun kami akan berusaha jadi pemimpin yang bersih dan akuntabel,” kata Roby.
 
Dia membeberkan program prioritas yang akan dilaksanakan lima tahun kedepan, yakni masalah kesehatan. Dia berjanji akan memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warga Sikka.
 
“Tidak ada lagi satu warga di Sikka yang tidak terlindungi jaminan keaehatan. Semua wajib terlindungi kesehatan dengan Kartu Sikka sehat, karena masih banyak rakyat miskin yang perlu di bantu,” katanya. 
 
Selain itu, dia memgaku akan membangun Rumah Sakit (RS) Pratama dengan sistem pelayanan tanpa kelas. “RS ini akan dibangun di beberapa puskesmas. Ini pertama di NTT,” katanya.
 
Adapun program pendidikan, jelas Idong, Pemerintah akan memberikan pinjaman kepada mahasiswa asal Sikka, tanpa bunga, dan dikembalikan secara cicil. Karena itu, setiap tahun pemda akan alokasikan Rp 20 miliar, sehingga lima tahun 100 miliar. 
 
“Keuntungannya peningkatan kualitas SDM. ini salah satu cara strategi untuk bangun pendidikan,” ujarnya.
 
Program Pertanian, Idong akan membuat terobosan agar petani bisa menanam dan memanen dua kali dalam setahun. Masalah yang dihadapi yakni air untuk pertanian. “Kami akan siapkan air melalui teknologi.  Pindahkan air dari bawah tanah. Bagaimana mendatangkan air,” katanya.
 
Hal lain yang akan dilakukan, diantaranya perpanjang Bandara Frans Seda agar bisa didarati peswat besar. “Kami Buka penerbangan dari Jepang ke Maumere, sehingga ikan-ikan di Maumare bisa langsung di bawa ke Jepang,” katanya.
 
Dia juga mengaku siap mendukung moratorium TKI ke malaysia yang dicanangkan Gubernur NTT, karena menurut dia, ada banyak pekerjaan di NTT. “Kami akan diskusikan dengan gubernur untuk proteksi calon TKI,” ujarnya. (Ado)

Share Button
Baca Juga :  Beda Data, Pleno Rekapitulasi KPU Kupang Dipending

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]