Home / Ekbis / BI Luncurkan Kartu ATM Berlogo GPN

BI Luncurkan Kartu ATM Berlogo GPN

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Naek Tigor Sinaga

NTTTERKINI.COM, Kupang – Bank Indonesia (BI) perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui perbankan menyiapkan dan menerbitkan 4.865 ribu kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau kartu debet berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Berdasarkan kondisi tersebut seluruh perbankan di NTT, luncurkan GPN sebagai suatu sistem dan mekanisme untuk mengintegrasikan berbagai transaksi
pembayaran  dalam negeri di bank yang berbeda secara nasional.
“Untuk di NTT disiapkan 4 ribu lebih kartu ATM baru berlogo GPN Garuda. Bagi seluruh nasabah yang sebelumnya memiliki kartu ATM berlogo non GPN, bisa ditukarkan,” kata Gubernur BI NTT, Naek Tigor Sinaga saat jumpa pers, Jumat, 21 September 2018.

Baca Juga :  Jelang Pilgub NTT, Korem Siaga I

Data BI, pemilik rekening di NTT sebanyak 4.856.995 nasabah, dan memiliki kartu ATM atau debet yang selama ini dipakai nasabah untuk bertransaksi dengan masih menggunakan logo Visa dan Mastercard dan dibebankan biaya transaksi atau Merchant Discount Rate (MDR) sebesar 2-3 persen.

Berdasarkqn kondisi tersebut BI luncurkan GPN sebagai suatu sistem dan mekanisme untuk mengintegrasikan berbagai transaksi
pembayaran  dalam negeri di bank yang berbeda secara nasional.

“GPN ini merupakan salah satu bentuk nasionalisme kita. Selama ini transaksi yang dilakukan dengan mengunakan kartu non GPN. Kami lakukan pembayaran non tunai dikenakan biaya, yang relatif besar dan mengalir keluar negeri,” tambah Sinaga.

Awal meluncurkan GPN, BI perkenalkan kartu ATM berlogo Garuda Merah yang sudah dapat bertransaksi di semua mesin ATM pembayaran dalam negeri di kanal pembayaran bank yang berbeda, untuk memperoleh kartu ATM tersebut. Nasabah dapat menukarkan kartu ATM atau debet yang lama dengan kartu yang baru dengan logo GPN di bank penerbit. (Lid)

Share Button
Baca Juga :  Warga Kupang Dihebohkan Temuan Mayat Bayi Laki-laki

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]