Home / Ekbis / BI NTT Siapkan Rp2,7 Triliun Uang Tunai Jelang Natal

BI NTT Siapkan Rp2,7 Triliun Uang Tunai Jelang Natal

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Ilustrasi

Ilustrasi

NTTTERKINI.COM Kupang – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan total Rp 2,7 triliun yang siap untuk diedarkan menjelang hari raya natal dan tahun baru.

“BI akan selalu menjaga dan memastikan ketersediaan pasokan uang di NTT aman dan tersedia dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai dengan kebutuhan menjelang natal dan tahun baru,” kata Deputi Direktur BI NTT, Naek Tigor Sinaga dalam keterangan pers rilis, Selasa, 12 Desember 2017.

Kebutuhan dana akhir tahun selalu menunjukkan adanya kenaikan yang cukup tinggi, dengan rata-rata uang keluar pada bulan Desember.

Berdasarkan data tiga tahun terakhir menunjukkan sebesar Rp 1,39 triliun, dengan net outflow tertinggi pada tahun 2015 sebesar rp.1,57 triliun.

Baca Juga :  PT Hutama Karya Diminta Tidak Membandel

“Tingginya kebutuhan uang tersebut, terutama disebabkan oleh besarnya penarikan uang perbankan menjelang akhir tahun guna memenuhi pembayaran proyek pemerintah atau swasta atau pun besarnya pengeluaran pemerintah dalam mempersiapkan hari raya natal,” tambah Naek Tigor.

Posisi uang yang siap diedarkan BI mulai 12 Desember 2017 mencapai Rp 977 milliar. BI juga berupaya melakukan penambahan uang masuk ke NTT sebesar Rp 833 milliar, dengan total tersedia siap edar mencapai Rp 1,81triliun.

Untuk mempermudah dan mempercepat distribusi uang secara total, BI telah memiliki 8 kas titipan di Maumere, Atambua, Waingapu, Ende, Ruteng, Lewoleba, Waikabubak dan Kalabahi dengan total posisi uang yang tersedia capai Rp 896 milliar, sehingga total uang yang siap edar di NTT mencapai angka Rp 2,7 triliun. (Lid)

Share Button
Baca Juga :  Kapal Perintis Tak Beroperasi, Ratusan Penumpang Terlantar

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]