Home / Sosbud / Binatang Mirip Komodo Ditemukan di Ngada dan Matim

Binatang Mirip Komodo Ditemukan di Ngada dan Matim

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Komodo di Pulau Rinca (foto by Jhon Seo)

Komodo di Pulau Rinca (foto by Jhon Seo)

NTTTERKINI.COM, Kupang – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Nusa Tengga Timur menemukan hewan spesies baru sejenis Komodo dengan nama latinnya, Varanus komodoensis di tiga lokasi di Kabupaten Ngada dan Manggarai Timur.

“Kami masih melakukan penelitian atas temuan binatang sejenis komodo itu,” kata Kepala Balai KSDA NTT Wiratno kepada wartawan di Kupang, Senin, 16 Desember 2013.

Tiga lokasi ditemukan binatang sejenis komodo itu yang Pulau Antaloe dan Kecamatan Riung di Kabupaten Ngada, serta Desa Pota di wilayah Utara Kabupaten Manggarai Timur.

Binatang yang ditemukan sangat mirip dengan Komodo yang berada di Taman Nasional Komodo (TNK) di Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat. “Kami telah mengambil sampel darahnya untuk diteliti balai besar di Jakarta guna memastikan spesies yang baru ditemukan itu, sejenis komodo di TNK Pulau komodo,” katanya.

Baca Juga :  Korban Kapal Terbakar Ditemukan Tewas

Berdasarkan pengamatan Balai KSDA NTT selama beberapa bulan di habitat dari spesies tersebut, katanya, pola hidupnya sangat mirip dengan Komodo yang berada di TNK. Dimana spesies tersebut memiliki lidah yang panjang, berwarna kuning dan bercabang.

Selain itu, lanjut spesies ini juga mempunyai inteligensi yang bagus. Saat berburu atau mencari mangsa penciumannya bukan berasal dari hidung melainkan dari lidahnya yang selalu menjulur keluar untuk mendeteksi rasa dan mencium stimuli.

Bila ada mangsa seperti rusa, kerbau atau babi hutan yang terkena gigitan spesies ini, maka pada umumnya korban naas ini hanya akan bertahan hidup selama satu minggu. “Setelah itu korban gigitan langsung binasa,” katanya.

Baca Juga :  HUT ke-32, TVRI Menuju Televisi Digital

Spesies ini juga bisa memangsa manusia, sehingga penelitian masih terus dilakukan untuk memastikan apakah ada kesamaan atau tidak dengan Komodo yang ada di TNK Pulau Komodo. “Kami masih mengidentifikasi kesamaan komodo dengan spesies baru ini,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]