Home / Olahraga / Bintang Timur Atambua Kirim Tiga Anak Latihan di Belanda

Bintang Timur Atambua Kirim Tiga Anak Latihan di Belanda

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Bintang Timur Atambua

NTTTEEKINI.COM, Atambua – Akademi Bintang Timur Atambua bakal mengirim tiga anak asuhannya untuk berlatih di Belanda.
Tiga anak yang beruntung ini adalah anak-anak yang lolos seleksi pelatihan sepak bola anak berbakat di Jeugd Voetbal Opleiding Zeeland (JVOZ) atau Pelatihan Sepak Bola Pemuda Zeeland di Belanda.

Demikian disampaikan Pendiri dan Pemilik Akademi Bintang Timur, Fary Francis kepada wartawan di Atambua, Jumat, 22 Februari 2019.

Farry yang menjelaskan seleksi tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan pihak Jeugd Voetbal Opleiding Zeeland. JVOZ merupakan salah satu lembaga yang ada di Belanda sebagai pusat pelatihan Sepak Bola yang diperuntukkan untuk mendidik orang-orang muda berbakat.

“Ini atas kerjasama kita dengan JVOZ dan pada tahun ini tiga anak sudah dinyatakan diterima untuk mengikuti kegiatan itu yang akan berlangsung minimal satu bulan hingga satu setengah bulan,” jelas Farry yang juga Ketua Komisi V DPR RI ini.

Baca Juga :  DPRD NTT Siapkan Perda Penyelenggaraan Olahraga

Pelatih Kepala Bintang Timur Atambua, Berth Pentury menambahkan untuk bisa lolos dalam Pelatihan di Jeugd Voetbal Opleiding Zeeland (JVOZ) ada empat kriteria dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemain.

Empat kriteria tersebut yakni skill dasar dari individu pemain, memiliki kemampuan dalam kerja tim dimana adanya kemampuan berkomunikasi dengan pemain lain, kecepatan pemain tanpa bola maupun kecepatan dengan bola, serta fisik (postur tubuh) pemain.

Farry menambahkan, Sebetulnya ada lima anak Akademi Bintang Timur Atambua U-16 yang diseleksi dan direkomendasikan ke Jeugd Voetbal Opleiding Zeeland (JVOZ), namun yang lolos seleksi hanya tiga anak.

Mengenai nama-nama dari ketiga anak tersebut, Farry mengatakan masih dirahasiakan, karena anak-anak masih fokus berlatih. Dan menambahkan, pelatihan ini akan dipantau langsung oleh Coach Simon Melkianus Tahamata yang merupakan seorang mantan pemain sepak bola Belanda keturunan Maluku yang bermain untuk klub Belanda dan Belgia di era 80-an.

Baca Juga :  Bintang Timur Atambua Akan Ikut ETMC 2019 

“Mereka akan dimonitor langsung oleh Coach Simon Tahamata yang punya komitmen untuk membantu pesepakbola muda kita. Kalau mereka bertiga ini dianggap bagus maka kita akan serahkan untuk dibina lebih lanjut di sana,” kata Fary Francis. (roy)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]