Home / Polkam / BKH Serius Garap Pariwisata NTT

BKH Serius Garap Pariwisata NTT

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Beny K Harman

NTTTERKINI.COM, Kupang – Calon Gubernur NTT, Benny K Harman Pariwisata NTT sudah lama dilupakan. Wisatawan domestik dan mancanegara hanya menjadikan Bali dan Lombok sebagai tujuan destinasi. “Apakah potensi wisata NTT tak laku di jual. Tidak,” kata Beny di Jakarta, Selasa 5 Februari 2013.
Selama ini, menurut Beny, pariwisata NTT salah kelola dan tidak pernah dipandang sebagai asset yang sangat bernilai. “Potensi wisata banyak terendap, hasil tidak dinikmati. Itu kalau berada di tangan yang salah. Akibatnya, kemiskinan NTT jalan di tempat, dan wisatawan tidak memiliki daya tarik untuk mengunjungi NTT,” katanya.

Dalam pandangan Benny, NTT memiliki potensi wisata kelas dunia yang luar biasa. Ada Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Taman wisata 17 pulau di Riung Kabupaten Ngada, danau Kelimutu di Ende, penangkapan ikan paus di Lamalera, Lembata, wisata bahari dan terumbu karang di Alor. “Kita bisa mengalahkan Bali atau Lombok. Saya akan menggarapnya secara serius dengan langkah-langkah kerja yang terarah dan terpadu,” katanya.

Baca Juga :  Daftar ke PDIP, Jonas Salean Gunakan Fasilitas Negara

Jika berbagai potensi wisata ini dikelola secara benar dan pemerintah daerah mau memikirkan kesejahteraan masyarakatnya, maka banyak desa-desa miskin di NTT yang memiliki potensi wisata akan dapat merasakan dampak ekonomi ketika kegiatan kepariwisataan dikembangkan dan fasilitas pendukung pariwisata dibangun.

Fasilitas-fasilitas pariwisata yang dimaksud Benny K. Harman misalnya simplifikasi konsep perizinan dan insentif perpajakan bagi investor, pengembangan paket-paket wisata yang kompetitif, prasarana dan sarana dasar seperti jaringan jalan, listrik, telekomunikasi, air bersih, rumah makan layak bagi wisatawan, dan sarana kesehatan.

Selain itu, Beny juga mengungkapkan bahwa fasilitas penting lain yang patut mendapat perhatian dalam pengembangan pariwisata NTT adalah pemberian perhatian khusus kepada pengembangan kawasan ekowisata dan wisata bahari, terutama di lokasi-lokasi yang mempunyai potensi obyek wisata alam bahari yang sangat besar. “Mari bangun NTT dengan hati”, ungkap Benny. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]