BLK-LN Harus Ciptakan Tenaga Kerja NTT Jadi Agen Perubahan

0
391
Peresmian BLK-LN

Peresmian BLK-LN
NTTTERKINI.COM, Kupang – Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Laiskodat mengatakan Balai Latihan Kerja Luar Negeri (BLK-LN) harus menjadi lembaga yang mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM)
atau tenaga kerja yang dapat menjadi agen perubahan di negara lain.

“BLK-LN harus menjadi sebuah lembaga yang akan melatih SDM NTT untuk menjadi agen perubahan di negera lain,” kata Gubernur NTT, Viktor Laiskodat saat meresmikan BLK-LN Berhasil Langgeng Kencana, Kamis, 22 Agustus 2019.

Menurut dia, tenaga kerja yang telah dilatih di lembaga tersebut akan menjadi sumber daya manusia yang memiliki ketrampilan yang cukup,
sehingga dapat ditempatkan di sebuah negara yang nantinya mampu membawa dampak sebagai agen perubahan yang dapat membawa nama NTT untuk dipromosikan di dunia internasional.

“Tugas lembaga ini bukan menyediakan tenaga kerja saja, tapi menyiapkan kualitas pelayanan dan hal itu menjadi tolak ukur NTT dikenal,” tambah Viktor.

Direktur BLK-LN Berhasil Langgeng Kencana, Dewi Sri Hartati mengatakan, hadirnya lembaga tersebut membantu pemerintah dalam dunia
pelatihan dan penempatan tenaga kerja migran dengan tekad mengentaskan kemiskinan, mengurangi pengganguran, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan SDM yang lebih maju.

“Hadirnya lembaga ini, menunjukkan kami serius menggarap pasar tenaga kerja NTT untuk ditunjukkan ke dunia internasional bahwa anak NTT memiliki kesanggupan dan kemampuan yang sama dengan daerah lain,” kata Hartati.

Lembaga BLK-LN menargetkan pada 2019 akan mengirim tenaga kerja sebanyak 2 ribu orang dengan sasaran kerjaan yakni perawat orang jompo, perawat bayi, assisten rumah tangga dan pekerja ladang dengan negara tujuan Hongkong, Taiwan, Singapura, Korea, Aljazair, Dubai, dan Malaysia. (Lid)

Komentar ANDA?