BMKG NTT Himbau Warga Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

0
388

Himbauan BMKG NTT

NTTTERKINI.COM, Kupang – Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meterologi (BMGK) El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghimbau kepada warga untuk mewaapadai hujan lebat dan angin kencang yang melanda wilayah NTT pada 12-15 Januari 2020.
Berdasarkan surat edaran BMKG yang ditandatangani Kepala Stasiun Meterologi Kupang, Agung Sudiono Abadi menyebutkan berdasurkan hasil analisis dinamika atmosfer pada 12 Januari 2020 pukul 10.00 WITA, teridentifikasi Siklon Tropis Claudia kategori 2 di Samudra Hindia sebelah selatan NTT dengan koordinat 14.0LS, 123.6BT (364 km tengggara Stasiun Meteorologi DC Saudake Rote) dan diprakirakan akan dapat ditingkatkan  kategori 3) dan menyebabkan terjadinya pertemuan angin (konvergensi) serta belokkan angin di atas wilayah NTT.  
Anomali suhu muka laut di wilayah Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara mencapai -0,5 derajat C hingga + 1,75 derajat C yang meningkatkan potensi pertumbuhun awan hujan dan angin kencang.  
Kondisi ini dapat berpotensi terjadinya hujan dengan intesitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi mencapai kurang lebih 30 kilometer (km) per jam di hampir seluruh wilayah NTT dalam beberapa hari kedepan, terutama di wilayah Sabu, Rote Ndao, Kota Kupung, Kah.  Kupang.  TTS, TTU, Belu, Malaka, Lembata.  Nagekeo, Alor, sebagian Flores Timur juga Sumba Timur.  
Karena itu, masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, sambaran petir, dan jalin licin.  (*/Ado)

Komentar ANDA?