Home / Sosbud / BPBD Siapkan Rp 360 Juta Tangani Pengungsi Rokatenda

BPBD Siapkan Rp 360 Juta Tangani Pengungsi Rokatenda

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Gunung Rokatenda

NTTTERKINI.COM, Maumere – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tengara Timur (NTT) menyiapkan dana sebesar Rp 360 juta, bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk tangani pengungsi Rokatenda.

“Ada Rp 360 juta yang bisa digunakan untuk membeli bahan bantuan bagi pengungsi Rokatenda,” kata Kepala BPBD NTT, Tini Thadeus, Selasa, 5 Februari 2013.

Gunung Rokatenda yang terletak di Pulau Palue, Sikka, meletus sebanyak dua kali, Sabtu, 3 Februari 2013, sehingga ribuan warga mengungsi.

Dana itu, menurut dia, sudah digunakan sejak Desember 2012 lalu, saat letusan pertama Gunung Rokatenda. Namun, dananya masih sisa, yang digunakan untuk membeli beras, dan makanan siap saji bagi pengungsi Rokatenda. “Masih ada dana sisa untuk tangani pengungsi Rokatenda yang mengungsi pada letusan kali ini,” katanya.

Baca Juga :  Dinsos NTT Anjangsana ke Panti Asuhan

Dana yang tersisa, kata Tini, sudah tidak mencukupi untuk menangani pengungsi Rokatenda yang mencapai 2000 jiwa. Karena itu, pihaknya akan meminta tambahan dana ke BNPB untuk tangani pengungsi Rokatenda.

Terkait pengungsi di Maurole yang kekurangan makanan, jelasnya, Pos Komando (Posko) BPBD Sikka telah menyalurkan bantuan berupa beras, makanan siap saji dan terpal ke pengungsi di Kecamatan Maurole, Ende. “Bantuannya sudah dikirim,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan, Kepala BPBD Ende, Subhan Wanda. Menurut dia, pihaknya juga telah mengirimkan bantuan air bersih dan masker bagi pengungsi Rokatenda di Maurole. “Bantuannya sudah dikirim ke lokasi pengungsian,” katanya. (Ado)

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]