Home / Ekbis / BPJS Kesehatan Resmi Naikkan Iuran JKN-KIS

BPJS Kesehatan Resmi Naikkan Iuran JKN-KIS

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Fauzi Lukman Nurdiansyah

NTTTERKINI.COM, Kupang – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi menaikkan iuran kepersertaan Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat
(JKN-KIS).

“Besaran iuran yang disesuaikan tidaklah besar, jika dibandingkan dengan besarnya manfaat yang diberikan program JKN-KIS ketika ada peserta yang sakit atau membutuhkan layanan kesehatan,” kata Kepala BPJS Kesehatan, Fauzi Lukman Nurdiansyah dalam siaran pers, Rabu, 30 Oktober 2019.

Adapun penyesuaian iuran BPJS Kesehatan untuk kategori peserta mandiri atau Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yakni Kelas I dari iuran sebesar Rp80 ribu menjadi Rp160 ribu, kelas II dari iuran Rp51 ribu menjadi Rp110 ribu dan kelas III dari sebesar Rp25.500 menjadi Rp42 ribu per jiwa.

Baca Juga :  BI NTT Imbau Nasabah Bank Waspada Praktek Skimming 

Sedangkan untuk buruh dan pemberi kerja, penyesuaian iuran hanya berdampak pada pekerja dengan upah di atas Rp8-12 juta, pekerja dibawah upah nominal tersebut tidak terkena dampak penyesuaian kenaikan iuran JKN-KIS.

“Melalui penyesuaian iuran, program JKN-KIS akan mengalami perbaikan secara sistemik, perbaikan dari aspek pemanfaatan, kualitas layanan kesehatan, serta manajeman kepersertaan,” tambah Iqbal.

Penyesuaian iuran akan mulai berlaku 1 Januari 2020 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 75 tahun 2019 tentang perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]