Home / Kesehatan / BPJS Minta Pemerintah Tingkatkan Fasilitas Kesehatan

BPJS Minta Pemerintah Tingkatkan Fasilitas Kesehatan

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]
Subkhan

Subkhan

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS) Kesehatan Kupang, Subkhan berharap Pemerintah Daerah (Pemda) berkomitmen mengoptimalkan mutu dan fasilitas pelayanan kesehatan bagi warga di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Selain berkomitmen terhadap pembiayaaan dan perluasan akses layanan kesehatan, kami berharap peran Pemda juga dioptimalkan dari sisi kualitas dan mutu layanan kesehatan bagi warga,” kata Subkhan, Selasa, 22 Agustus 2017.

Berdasarkan data BPJS, hingga Juni 2017, jumlah peserta JKN-KIS mencapai 886.810 jiwa, termasuk peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dari Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke JKN-KIS oleh pemerintah provinsi NTT sebanyak 11 ribu jiwa, Kabupaten Kupang 10.975 jiwa, Alor 12.176jiwa, dan Sabu Raijua sebanyak 10 ribu jiwa.

Baca Juga :  15 Ribu Orang Diprediksi Hadiri Harganas di Kupang

“Pertumbuhan jumlah peserta tersebut juga harus diiringi dengan pertumbuhan akses layanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan, banyak rumah sakit yang kekurangan fasilitas,” tambah Subkhan.

Wilayah kerja BPJS Kesehatan yang mencakup Kabupaten Kupang, Alor, Rote Ndao dan Kabupaten Sabu Raijua, hanya memiliki fasilitas kesehatan diantaranya 139 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri dari 79 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), 26 dokter praktik perorangan, 7 dokter praktik gigi perorangan.

Sedangkan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), hanya terdiri dari 16 Rumah Sakit, 22 Apotek serta 6 Optik. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]