Home / Ekbis / BPS: Kota Kupang Berkontribusi Terhadap Inflasi 0,11 Persen

BPS: Kota Kupang Berkontribusi Terhadap Inflasi 0,11 Persen

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]

Darwis Sitorus

NTTTERKINI.COM, Kupang – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Timur (NTT), Darwis Sitorus mengatakan Kota Kupang memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap inflasi sebesar 0,11 persen.

“Kota Kupang masih menjadi wilayah yang memberikan kontribusi  besar terhadap inflasi di NTT sebesar 0,11 persen,” kata Darwis Sitorus, Jumat, 01 November 2019.

Menurut dia, pengeluaran yang memberikan andil terbesar dalam pembentukan inflasi Kota Kupang Oktober 2019, yakni kenaikan pada bahan makanan sebesar 0,20 persen, makanan jadi sebesar 0,13 persen dan perumahan sebesar 0,03 persen.

Sedangkan sandang dan pendidikan mengalami penurunan harga sebesar 0,08persen dan 0,02 persen.

“Inflasi yang terjadi masih dalam kategori aman, bahan makanan dan makanan jadi mengalami kenaikan diikuti dengan perumahan, karena Kota Kupang dalam pembangunan infrastruktur yang mempengaruhi harga,” tambah Darwis.

Baca Juga :  Telkomsel Tambah 2.400 BTS di NTT

Beberapa komoditas utama dari 390 komoditas yang disurvei, penyumbang andil inflasi di Kota Kupang antara lain naiknya harga ikan kembung, daun singkong, bunga pepaya, wortel dan apel. Sedangkan komoditas penghambat inflasi yakni turunnya harga cabai rawit, daging ayam ras, bawang merah, telur dan tomat. (Lid)

Share Button

Komentar ANDA?

Bagikan Halaman ini

Share Button
[simple-social-share]